Mahasiswa FEB Unsoed Sabet Juara 1 Certified Public Accountant Days 2024

Mahasiswa FEB Unsoed Sabet Juara 1 Certified Public Accountant Days 2024

Terkini | purwokerto.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 17:00
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed Purwokerto berhasil meraih juara 1 ajang Certified Public Accountant (CPA) Days 2024. Ajang tingkat nasional tersebut diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Telkom University, Bandung pada tanggal (24-25/9) lalu.

Mahasiswa Unsoed Purwokerto yang memperoleh juara 1 ini terdiri dari Fatmawati, Azahra Nur Afifah, dan Luthfiyyatul Azzah. Mereka mengikuti ajang tingkat nasional untuk mencetak akuntan publik berkualitas di seluruh Indonesia dengan mengusung tema "Youth Leadership for Sustainability in Auditing and Accounting".

Fatmawati menyatakan bahwa CPA Days 2024 memiliki serangkaian tahap lomba, dimulai dari babak penyisihan pertama yang melibatkan pengerjaan 90 soal pilihan ganda mengenai Akuntansi dan Audit, yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit.

Lalu pada tahap berikutnya, 30 peserta yang berhasil melewati penyisihan awal akan melanjutkan ke penyisihan kedua dengan menyelesaikan paper study case. Dari tahap ini, terpilih 20 peserta yang berhak melanjutkan ke semi final. 

Semi Final CPA Days 2024 diadakan dalam bentuk presentasi study case di Telkom University, Bandung. Akhirnya, terpilihlah 5 peserta yang akan maju ke babak final yang berupa lomba cerdas cermat dengan fokus pada pertanyaan seputar Akuntansi dan Audit.

“Alhamdulillah, tim mahasiswa Akuntasi FEB Unsoed membuktikan dirinya menjadi yang terbaik dan berhasil keluar sebagai Juara Pertama dalam Certified Public Accountant (CPA) Days 2024,” kata Fatmawati dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

 

Saat disinggung soal persiapan yang dilakukan, ia mengatakan jika tim telah mempersiapkan seluruhnya dengan cukup intensif selama satu bulan dengan fokus pada pemahaman materi audit dan mengerjakan soal-soal simulasi yang kemungkinan akan keluar.

“Berlatih dengan melakukan presentasi, memperdalam pengetahuan audit, dan memahami rules kompetisi denga baik. Tidak kalah pentingnya menjaga mental dan konsistensi agar selalu tenang saat berhadapan dengan tantangan baru selama perlombaan berlangsung,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya bimbingan yang diberikan Dosen Pembimbing sangat membantu dirinya dan tim. Termasuk doa dari keluarga, dan rekan kuliah serta pertolongan Allah Tuhan Yang Maha Esa, memantapkan jalan ketiga mahasiswa tersebut meraih gelar juara dalam Certified Public Accountant (CPA) Days 2024.

“Semoga pencapaian ini bisa membanggakan kedua orang tua saya dan kampus saya pribadi serta memberikan inspirasi bagi yang lainnya. Pencapaian ini juga memacu saya untuk terus produktif dan menebar lebih banyak kebermanfaatan,” tutur Fatmawati.

Sementara menurut Dewi Susilowati, Dosen Pembimbing ketiga mahasiswa mengatakan jika pentingnya mahasiswa mempersiapkan diri setelah lulus, tidak hanya bermodalkan gelar atau ijasah, akan tetapi juga sertifikat-sertifikat pendukung lainnya.

“Dengan mengikuti perlombaan, pelatihan, sertifikasi dan lain-lainnya dapat menjadi modal yang penting dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Kita harus fokus dan percaya bahwa kita dapat mengharumkan almamater kita dengan mengalahkan pesaing-pesaing kita di luar Unsoed," ujar Dewi.

Topik Menarik