Diserang Israel, Iran Persiapkan Serangan Balasan

Diserang Israel, Iran Persiapkan Serangan Balasan

Terkini | pekanbaru.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:00
share

iNewsPekanbaru.id - Israel melancarkan serangan terhadap tiga pangkalan militer Iran pada Sabtu pagi. Negara Zionis ini mengklaim tindakan tersebut sebagai pembalasan atas serangan rudal balistik yang diluncurkan Iran ke Israel pada awal bulan ini.

Serangan ini berpotensi memicu respons baru dari Iran, yang berjanji akan memberikan "reaksi proporsional."

Media Iran melaporkan terjadi beberapa ledakan di ibu kota dan pangkalan militer terdekat setelah pukul 02.00 waktu setempat. Lembaga penyiaran publik Israel menyatakan bahwa serangan tersebut berlangsung dalam tiga gelombang dan operasi telah selesai sebelum fajar.

Menurut laporan, sistem pertahanan udara Iran berhasil menghadang sebagian besar serangan Israel, meskipun terdapat "kerusakan terbatas" di beberapa lokasi di provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam.

Ketegangan antara kedua negara telah meningkat sejak serangan Hamas, kelompok militan yang didukung Iran, terhadap Israel pada 7 Oktober 2023. Iran sebelumnya menembakkan 200 rudal ke Israel pada 1 Oktober, menyebabkan kerusakan dan satu korban tewas di Tepi Barat.

Pihak berwenang Iran telah memperingatkan bahwa mereka akan merespons setiap agresi. "Iran mempunyai hak untuk menanggapi agresi apa pun, dan tidak ada keraguan bahwa Israel akan menghadapi reaksi proporsional," kata kantor berita semi-resmi Tasnim, mengutip sumber pemerintah.

Video yang disiarkan oleh media Iran menunjukkan pertahanan udara aktif menembaki proyektil yang masuk di Teheran, meskipun tidak mengungkapkan lokasi serangan secara spesifik.

Topik Menarik