Viral Pemilik Mobil Ini Gagal Isi Pertalite akibat Data MyPertamina Dipakai Orang Lain, Sekali Isi 420 Liter

Viral Pemilik Mobil Ini Gagal Isi Pertalite akibat Data MyPertamina Dipakai Orang Lain, Sekali Isi 420 Liter

Otomotif | inews | Senin, 30 September 2024 - 12:49
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memberlakukan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar. Masyarakat yang ingin memanfaatkan subsidi harus mendaftarkan kendaraannya melalui aplikasi MyPertamina.

Sebelum pembatasan pengguna Pertalite atau Solar direalisasikan pada bulan depan, Pertamina semakin gencar melakukan sosialisasi. Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk mendaftarkan kendaraannya untuk mendapatkan qr code sebagai syarat pengisian BBM bersubsidi.

Namun, baru-baru ini viral di media sosial seorang pemilik mobil Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Sigra gagal mengisi BBM Pertalite karena sudah dipakai orang lain. Bahkan, pengisiannya melebihi jumlah batas yang ditentukan Pertamina.

Video itu diunggah oleh pemilik mobil Taufik Arahman pada akun Instagram @kingmedantop. Pada video tersebut dia sempat berdebat dengan petugas SPBU karena tidak bisa lagi mengisi BBM Pertalite.

“Padahal enggak ada isi, sudah habis. Upgrade ulang datanya di Pertamina, kok bisa gitu yah. Padahal tangki saya 25 liter,” ujar pemilik mobil dalam video tersebut.

Bahkan, Taufik terkejut ketika mengetahui jumlah pengisian yang telah dilakukan menggunakan datanya. Disebutkan pengisian terakhir dilakukan pada 28 September 2024, pukul 09.56 WIB, sebanyak 420 liter.

Padahal, tertera dalam aturan pengisian BBM jenis Pertalite paling banyak dalam satu hari 120 liter. Apabila sudah mencapai batas, maka harus melakukan pengisian ulang pada hari berikutnya.

Dalam unggahan lainnya, terlihat gambar tangkapan layar dari aplikasi MyPertamina yang menunjukkan pengisian BBM subsidi itu sudah dilakukan sampai 420 liter di hari yang sama. 

“Kejadian saya tidak bisa isi BBM di karena di system kuota habis. Padahal di tanggal itu saya belum ada isi BBM ternyata setelah saya cek di aplikasi setelah update ada SPBU nakal. Harusnya kan batas 120 liter di aplikasi, kenapa bisa jadi 420 liter,” tulis unggahan tersebut.

Topik Menarik