Karoseri Laksana Rilis 11 Bus Listrik E-Nucleus, Buat Jalur Mana?

Karoseri Laksana Rilis 11 Bus Listrik E-Nucleus, Buat Jalur Mana?

Otomotif | inews | Minggu, 29 September 2024 - 18:58
share

JAKARTA, iNews.id - Karoseri Laksana merilis bus listrik E-Nucleus yang akan digunakan untuk transportasi umum Kota Surabaya, Jawa Timir. Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengurangi polusi udara dengan mengubah angkutan umum menjadi kendaraan listrik.

Setidaknya, ada 11 bus listrik yang akan digunakan oleh pemerintah Surabaya menggunakan bodi E-Nucleus garapan karoseri Laksana. Sementara sasisnya menggunakan Hyundai County EV yang dikirim langsung dari Korea Selatan

Sebagai informasi, bus listrik E-Nucleus sempat melantai di GIIAS 2024, pada Juli lalu, sebagai model bus terbaru dari karoseri Laksana. Bus ini ditujukan untuk angkutan perkotaan, perkantoran, bus sekolah, atau sejenisnya.

Secara spesifikasi, bus listrik varian terbaru karoseri Laksana ini memiliki panjang sekitar 8 meter dengan model lantai tinggi. Akses pintu keluar dan masuk penumpang menggunakan pintu otomatis di bagian tengah.

Model keseluruhan E-Nucleus ini hampir mirip dengan model Nucleus yang digunakan pada bus konvensional. Hanya, fascia depan E-Nucleus ini diberi sentuhan ornament baru yang cukup terlihat lebih modern.

Masuk ke bagian dalam, kabin bus listrik E-Nucleus dilengkapi dengan 20 kursi penumpang berkonfigurasi 2-2. Berbeda dari bus perkotaan pada umumnya, seluruh kursi bus ini sudah dilapisi kulit layaknya bus AKAP (antar kota antar provinsi).

Pada bagian dasbor pengemudi terdapat banyak panel untuk mengoperasikan fitur-fitur yang terdapat pada bus tersebut. Uniknya, bus ini menggunakan kartu sebagai pengganti kunci untuk menyalakan mesin. 

Kemudian, ada beberapa multimedia seperti audio system + one set of speakers, kamera parkir dan CCTV. Selain itu, untuk meningkatkan faktor keselamatan, bus listrik ini sudah menyematkan sejumlah fitur keamanan mulai dari emergency exit roof hatch, emergency exit window, safety hammer, fire extinguisher dan first aid kit.

Soal performa, Hyundai County EV ini merupakan bus listrik medium yang dipersenjatai paket baterai berkapasitas 128 kWh. Bus listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 303 km dalam sekali pengisian daya.

Topik Menarik