Dilengkapi 4 Mode Berkendara, Intip Fitur pada Mobil Listrik Neta X

Dilengkapi 4 Mode Berkendara, Intip Fitur pada Mobil Listrik Neta X

Otomotif | inews | Kamis, 19 September 2024 - 23:19
share

JAKARTA, iNews.id - Pabrikan mobil asal China, Neta telah memperkenalkan mobil listrik terbarunya, Neta X dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil listrik ini menyasar segmen sport utility vehicle (SUV).

Bagaimana spesifikasi dan sensasi mobil ini? Jelang peluncurannya PT Neta Auto Indonesia memberikan kesempatan kepada jurnalis melihat lebih dekat Neta X dan mencobanya secara singkat dalam Xperience Tech with NETA X. Total 14 unit Neta X diuji awak media. 

"Kegiatan ini dihadirkan agar rekan-rekan media maupun influencer dapat merasakan langsung performa serta fitur Electric Vehicle (EV) terbaru kami. Neta X adalah bukti dari dedikasi kami dalam menghadirkan inovasi dan teknologi terkini, untuk membuat segmen kendaraan listrik di Indonesia semakin bergairah," ujar Managing Director of Neta Auto Indonesia, Peter Zhang, Kamis (19/9/2024).

Secara spesifikasi, Neta X memiliki dimensi panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm dan wheelbase 2.770 mm. Mobil SUV medium tersebut memiliki ground clearance 156 mm dan 50:50 weight distribution yang membagi berat kendaraan jadi merata sehingga mobil mudah dikendalikan. 

Neta X dirancang dengan struktur monocoque yang menggunakan high strength steel material, merupakan konstruksi rangka baja berkekuatan tinggi. Disematkan pula Anti-Collision Beam di bagian rangka depan, atas dan samping mobil disertai Door Side Crash Beam.

Dari segi desain eksterior, Neta X hadir dengan avant-garde design, futuristic dan high tech dengan L-Shape LED DRL. Camera 360 di bagian depan, samping dan belakang membuat berkendara terasa lebih aman, serta penggunaan Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam yang membantu pencahayaan jalan menjadi terang.

Melihat bagian interior, kabin Neta X sudah dilapisi bahan soft leather dan alcantara, sehingga membuat kabin terasa mewah. Neta Auto juga melapisi dengan 100 persen bahan kulit lembut guna meningkatkan level kenyamanan berkendara. 

Electric Power Tailgate dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis sehingga lebih praktis. Mobil ini juga dilengkapi sunroof yang dapat dibuka otomatis.

Secara performa, Neta X terasa bertenaga memiliki output maksimal 120kW (175 hp) dan torsi 210 Nm. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 9,5 detik dengan top speed 150 km jam. 

Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh, sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Sealing Grade sehingga aman melintasi genangan air.

Neta X mampu menempuh jarak hingga 480 km dalam sekali pengisian daya penuh (hasil pengetesan NEDC). Baterai NETA X sudah memiliki fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kWh. Untuk mengisi daya dari 30 ke 80 persen dapat selesai dalam 30 menit. 

Neta X sudah mengadopsi port charging model CCS2 (Combined Charging System 2), salah satu port charging yang paling umum dan paling mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia untuk pengisian reguler maupun fast charging.

Untuk fitur pada bagian depan kabin, sudah dilengkapi Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, dan Floating D-shaped Steering Wheel. Neta X juga sudah tersemat fitur vehicle-to-load (V2L).

Untuk keamanan, Neta X sudah dilengkapi teknologi keselamatan Advanced Driving Assistance System (ADAS) lewat penyematan 11 High Precision sensor, antara lain Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Changing Assist (LCA with BSD), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), yang dapat memberikan proteksi maksimal saat berkendara.

Bikin kaget, mobil ini terasa empuk dengan suspensi independen MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-link Rear Suspension di belakang. Ini memberikan kestabilan saat bermanuver.

Menariknya informasi pada head unit telah menggunakan bahasa Indonesia, sehingga memudahkan dalam mengoperasikan fitur-fitur pada kendaraan. Operasional kendaraan juga dapat terhubung dengan smartphone.

Neta X memiliki empat pilihan mode berkendara, yaitu Eco, Nyaman, Sport dan Satu Pedal, yang memberikan sensasi berkendara berbeda sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Ini yang membuatnya berbeda dari model kendaraan lain.

Di sisi lain, tuas lampu sein dan perseneling untuk yang baru berkendara perlu sedikit penyesuaian. Tuas lampu sein yang biasanya berada di sebelah kanan kemudi, di Neta X berada di sebelah kiri dan perseneling di sebelah kanan. Ini perlu adaptasi karena Indonesia menganut setir kanan.

Secara keseluruhan Neta X yang kini telah diproduksi di Indonesia ini, memiliki desain modern, nyaman dan fitur lengkap di kelasnya. Neta X bersaing dengan BYD Atto, Hyundai Kona EV, Chery E5, dan Wuling Cloud EV.

Topik Menarik