Penyebab Motor Matic Mati Saat Digas, Kenali Masalah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Matic Mati Saat Digas, Kenali Masalah dan Cara Mengatasinya

Otomotif | inews | Rabu, 11 September 2024 - 21:04
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab motor matic mati saat digas bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi pengendara. Ketika motor tiba-tiba mati saat sedang digunakan, hal ini tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga bisa membahayakan keselamatan. 

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan motor matic mengalami masalah ini, mulai dari masalah pada sistem bahan bakar hingga komponen mesin yang perlu diperiksa. 

Memahami penyebab-penyebab ini dapat membantu pengendara dalam melakukan perawatan yang tepat dan mencegah terjadinya masalah serupa di masa depan.

Penyebab Motor Matic Mati Saat Digas

Menurut Asong pemilik sekaligus mekanik bengkel Asong Motor di Jalan Pahlawan, Aren Jaya, Bekasi Timur. Motor matic terbagi dua dalam sistem pembakaran. Baik karburator maupun injeksi.

“Secara umum penyebabnya bisa dari busi, volume oli, saluran bensin atau bisa juga karena overheat, “ kata Asong saat dihubungi iNews.id, Rabu (11/9/2024).

Mekanik yang sudah 20 tahun malang melintang di dunia perbengkelan itu merinci lebih detail untuk masalah  pada motor matic dengan sistem karburator:

1.Selang hawa

Selang hawa buat penyedot bensin turun ke karburator. Kadang terjadi sumbatan, jadinya tidak lancar dan  bahan bakar tidak bisa masuk ke ruang pembakaran.

2.Busi

Busi yang kotor akibat kebanyakan campuran bensin, atau habis menerjang banjir biasanya dapat mengakibatkan motor mati.

Sementara kendala motor  dengan sistem injeksi adalah sebagai berikut:

1.Fuel Pump

Fuel Pump atau pompa bensin kotor. Sehingga tidak dapat memompa bahan bakar ke throttle body. 

2.Throttle Body

Hampir sama dengan karburator, throttle body juga dapat bermasalah ketika ada kotor di dalamnya. Biasanya pemilik motor jarang menservis motor. 

Tips Ketika Motor Matic Mati saat Digas

1.Servis Rutin

Sebaiknya motor matic baik karburator maupun yang injeksi dilakukan servis berkala. Jika dipakai setiap hari, bisa diservis saat mencapai 2.000- 3.000 km.

2.Ganti Oli 

Ganti oli juga harus dilakukan secara rutin. Menurut Asong, oli cepat menguap, apalagi jika sering digunakan dalam kondisi macet. Saat volume berkurang drastis, maka besar kemungkinan ring seher akan mengalami kerusakan.

Penyebab motor matic mati saat digas dapat bervariasi, namun dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mungkin terlibat, pengendara dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut. 

Topik Menarik