10 Tips Membeli Mobil Listrik, Selain Harga Perhatikan Garansi Baterai dan Pemasangan Home Charging

10 Tips Membeli Mobil Listrik, Selain Harga Perhatikan Garansi Baterai dan Pemasangan Home Charging

Otomotif | inews | Selasa, 10 September 2024 - 06:47
share

JAKARTA, iNews.id - 10 tips membeli mobil listrik perlu diketahui agar tidak menyesal saat memboyong kendaraan elektrifikasi (electric vehicle/EV) ini ke rumah. Meski banyak keunggulan yang ditawarkan dan seruan dari pemerintah, namun jangan tergesa-gesa saat membeli mobil listrik. 

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli, mulai dari tujuan memakai mobil listrik, harga, kapasitas baterai, jarak tempuh, garansi hingga perawatannya. Lalu, hal penting apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil listrik?

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut 10 tips membeli mobil listrik sebelum memboyong ke garasi rumah.

10 tips membeli mobil listrik 

1. Lakukan Riset Sebelum Membeli

Langkah pertama sebelum membeli mobil listrik adalah melakukan riset mengenai kendaraan yang ada di pasaran. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis mobil listrik, serta hal-hal lain yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Memiliki informasi yang lengkap, calon pembeli dapat menentukan mobil listrik sesuai dengan kebutuhan.

Berpikir sebelum bertindak adalah hal yang sering kali menjadi acuan hidup banyak orang. Sama halnya dengan membeli mobil listrik ada baiknya agar memahami dulu tujuan membeli kendaraan. Pertimbangkan apakah mobil ini dapat menunjang aktivitas sehari-hari atau tidak. 

2. Pertimbangkan Harga dan Insentif

Pemerintah saat ini sudah memberikan insentif untuk mendorong pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Pertimbangkan harga pembelian mobil listrik dan kemungkinan ada keringanan pajak. Tanyakan ke dealer mengenai harga dan insentif yang yang diberikan pada mobil listrik akan dibeli.

3. Kapasitas Baterai dan Jarak Tempuh

Sebelum membeli mobil listrik perlu mengetahui kapasitas baterai dan jarak tempuh kendaraan yang akan dibeli. Ini sangat penting jangan sampai mobil listrik yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan mobilitas Anda.

Selain itu, semakin besar kapasitas baterai, harga mobil juga semakin tinggi. Pilih sesuai budget dan kebutuhan Anda.

4. Garansi Baterai

Baterai merupakan komponen paling mahal pada mobil listrik. Biasanya produsen akan memberi jaminan baterai dalam kurun waktu 8 tahun atau 150.000 km perjalanan (mana yang lebih dulu tercapai). 

Namun, ada pula yang berani memberikan garansi baterai seumur hidup. Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi Anda dalam membeli mobil listrik.

5. Pembaruan Perangkat

Salah satu kelebihan kendaraan listrik adalah kemudahan memperbarui (upgrade) firmware atau perangkat lunak (software). Sebab itu, sebelum membeli mobil listrik lakukan konfirmasi apakah EV tersebut akan menerima peningkatan perangkat (update). Jika ada upgrade apakah dikenakan biaya atau tidak.

6. Pemasangan Home Charge

Pemasangan home charging membutuhkan biaya cukup besar. Cek apakah produsen memberikan paket pemasangan port pengisian daya di rumah atau tidak. Jika masuk dalam satu paket ini akan memudahkan Anda. 

7. Perhatikan Daya Listrik Rumah

Sebelum memutuskan membeli mobil listrik, perhatikan terlebih dahulu daya listrik rumah. Pastikan listrik rumah memiliki voltase yang cukup agar bisa mengisi baterai mobil listrik. 

Jika daya kurang cari informasi apakah pembelian mobil mencakup paket penambahan daya. Jika tidak ada Anda harus siap menambah daya atau memasang jaringan listrik baru untuk home charging.

8. Tempat pengisian daya

Tak kalah penting apakah infrastruktur stasiun pengisian daya kendaraan listrik umum (SPKLU) sudah tersedia atau belum di sekitar lingkungan Anda. Riset lebih dahulu lokasinya apakah dapat dijangkau.

9. Periksa Kelengkapan Asuransi

Meski mobil listrik membutuhkan perawatan minim, tidak menutup kemungkinan dapat mengalami kerusakan atau mengalami insiden tidak diinginkan di jalan. Pastikan ada perlindungan asuransi mobil untuk mencegah mengalami kerugian besar.

10. Pahami perawatan

Sebelum membeli mobil listrik, ada baiknya memahami dulu cara perawatannya yang baik dan tepat. Sebab mobil listrik memiliki karakter berbeda dengan kendaraan biasa.

Bagaimana cara mengisi daya baterai yang benar, memeriksa software serta perawatan komponen mobil listrik yang lainnya. Meski perawatannya lebih simpel mobil listrik rentan dengan kotoran dan debu.

Itulah 10 tips membeli mobil listrik sebelum memboyong ke garasi rumah. Semoga bermanfaat

Topik Menarik