Intip Spesifikasi Oplet Si Doel, Mobil Morris Minor Antar Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta

Intip Spesifikasi Oplet Si Doel, Mobil Morris Minor Antar Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta

Otomotif | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:41
share

JAKARTA, iNews.id - Pramono Anung dan Rano Karno mendaftarkan diri sebagai cagub dan cawagub Jakarta, ke kantor KPUD Jakarta untuk kontestasi Pilkada Serentak 2024. Uniknya, pasangan tersebut diantar menggunakan oplet yang populer di film Si Doel.

Oplet berkelir hitam dan biru tersebut menarik perhatian saat iring-iringan Anung-Rano mendekati KPUD Jakarta. Ini membawa kembali ingatan pada film legendaris yang diperankan Rano Karno sebagai pemeran utama.

Oplet yang digunakan Pramono dan Rano ke KPUD Jakarta merupakan oplet jenis Morris Minor 1000 Traveller. Morris adalah merek asal Inggris yang sudah eksis sejak periode 1920-an. Sementara opelet yang digunakan Pramono dan Rano diproduksi pada 1957.

Dilansir dari Unique Cars and Parts, Morris Minor diproduksi dari 1948 sampai 1971. Mobil ini memiliki kemudi rack-and-pinion dan suspensi belakang independen torsion-bar. Ini membuat mobil memiliki kendali yang mulus dan halus.

Dari segi dapur pacu, model awal mobil ini menggunakan mesin kepala datar Seri E bertenaga rendah, serta lampu depan rendah yang tetap digunakan sampai 1950 ketika mobil menjadi dua pintu, atau lebih baru, empat pintu. 

Pada 1952 mesin Austin katup atas digunakan, dan pada 1953 model Traveler setengah kayu diperkenalkan. Pada 1956, kapasitas mesin bertambah menjadi 948 cc dan mobil diberi lencana Minor 1000. 

Ini membuat mobil dapat menempuh kecepatan tertinggi hingga 112 km/jam dan juga membuat mobil ini menonjol karena jendela belakangnya yang lebih besar pada model sedan dan kaca depan satu bagian, tak terpisah seperti sebelumnya.

Topik Menarik