Penjualan Mobil Hybrid Toyota Meningkat 52 Persen, Nasmoco Sumbang 10 Persen

Penjualan Mobil Hybrid Toyota Meningkat 52 Persen, Nasmoco Sumbang 10 Persen

Otomotif | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:07
share

JAKARTA, iNews.id - Toyota memimpin penjualan retail sales mobil dengan market share sebesar 32,8 persen pada Januari-Juli 2024, naik 1,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bagaimana dengan mobil hybrid?

Untuk penjualan kendaraan elektrifikasi (Xev), gabungan Toyota dan Lexus mencapai 22.721 unit, meningkat 52 persen dari 14.936 unit pada periode yang sama 2023. Penjualan mobil hybrid (hybrid electric vehicle/HEV) Toyota tersebar di sekitar 347 kota di Indonesia meng-cover lebih dari 85 persen total kota penjualan mobil di Indonesia. 

Khusus untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota terus menunjukkan tren positif dimotori All New Kijang Innova Zenix HEV sebanyak 1.229, diikuti All New Yaris Cross HEV (279 unit), dan Alphard HEV (43 unit). Total retail sales Nasmoco Toyota di area tersebut sebanyak 10.495 unit dan xEV menyumbang 10,9 persen penjualan. 

“Didukung jaringan Dealer Nasmoco Group, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengapreasiasi penjualan xEV khususnya HEV Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terus meningkat pesat, di mana All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi lokomotif penjualan," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam Toyota Eco Journey - JTD Electrification Line Up 2024 di Semarang, Selasa (27/8/2024).

"Dalam Total Mobility Solution, dukungan yang diberikan adalah dengan menambah jumlah Toyota xEV Ecosystem yang tersebar di berbagai kota. Kemudahan akses pada fasilitas penting ini, membuat mobilitas pelanggan kendaraan elektrifikasi Toyota dapat berjalan dengan aman dan nyaman sehingga worry free,” katanya.

Marketing Div Head Nasmoco Group, Herybertus Budi (Herry) mengungkapkan penjualan All New Kijang Innova Zenix terbilang bagus karena sesuai kebutuhan pelanggan, baik pribadi maupun bisnis, seperti untuk rental maupun travel antar kota. Jalan Tol Trans Jawa yang sudah menyambung dari barat ke timur Provinsi Jawa Tengah, membuat mobilitas masyarakat menjadi semakin mudah dan terbuka luas. Jalan antar provinsi dan antar kota yang mulus, kian membuka akses kegiatan sosial dan produksi masyarakat. 

"Dealer Nasmoco Group memiliki layanan penjualan kendaraan Toyota, perawatan mobil, dan penyediaan spare parts yang tersebar di hampir seluruh kota besar. Fasilitas bengkel yang modern dan canggih serta teknisi yang kompeten berstandar Toyota global, semua workshop Nasmoco mampu menangani xEV Toyota dengan baik. Kami juga telah memiliki lima charging station," ujar Herry.

Bagian integral dari Toyota xEV Ecosystem adalah charging station untuk BEV dan PHEV Toyota. Secara nasional, charging spot ada di 116 lokasi strategis. Di mana 112 titik di antaranya berada di dealer resmi Toyota, dua titik di mal besar Jakarta, serta dua titik di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa, yang akan terus bertambah. 

Tujuh di antaranya merupakan Ultra Fast Charging (UFC). Salah satu UFC 120 kW, tersedia di Nasmoco Bantul Yogyakarta dan Nasmoco Majapahit Semarang.

Di sela-sela acara test drive Hybrid EV dan Plug-in Hybrid EV, jurnalis yang mengikuti Toyota Eco Journey - JTD Electrification Line Up 2024, berkesempatan mencoba langsung Battery EV produksi massal pertama Toyota All New bZ4X di Nasmoco Majapahit Semarang.

Topik Menarik