Pakai Teknologi Hybrid, Segini Konsumsi Bahan Bakar Nissan Serena e-Power

Pakai Teknologi Hybrid, Segini Konsumsi Bahan Bakar Nissan Serena e-Power

Otomotif | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:15
share

JAKARTA, iNews.id - Nissan Serena e-Power dengan teknologi hybrid telah mengaspal di Indonesia. Mobil diimpor utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Jepang. Mengusung elektrifikasi, berapa konsumsi bahan bakar kendaraan ini?

Sebagai informasi, Nissan Serena e-Power mengusung teknologi hybrid serial. Sistem ini berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya. Mesin konvensional bekerja bersama generator untuk menghasilkan listrik yang disimpan ke dalam baterai lithium-ion.

Daya listrik tersebut akan disalurkan ke motor penggerak untuk memberi daya dorong, tanpa perlu recharging listrik dari eksternal. Sistem e-Power menawarkan sensasi berkendara khas mobil listrik, namun dengan kemudahan dan kepraktisan seperti mobil konvensional dari sisi pengisian daya.

Soal performa, Serena e-Power menggendong mesin berkode HR14 berkapasitas 1,4 liter berteknologi e-Power. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi puncak 315 Nm. Meski bertenaga besar, konsumsi bahan bakar MPV bongsor ini cukup efisien.

Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengklaim konsumsi bahan bakar rata-rata Nissan Serena e-Power bisa mencapai 19 km/liter (berdasarkan WLTC). Angka tersebut sangat irit, bahkan menyaingi keiritan mobil-mobil LCGC.

"Kalau untuk konsumsi bahan bakar Serena e-Power berdasarkan WLTC sih 19 km/liter ya. Ini cukup irit di kelasnya karena teknologi e-Power itu tadi," kata Evensius Go, Presiden Direktur PT NMDI di Bogor, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Nissan Serena e-Power secara resmi dipasarkan di Indonesia pada GIIAS 2024, Juli lalu. Mobil ini dijual dengan harga Rp635 juta untuk tipe Highway Star e-Power (4x2) A/T model one tone dan varian two tone Rp639,5 juta on the road (OTR) Jakarta.

Topik Menarik