Starter Berpotensi Terbakar, Moge BMW R 1300 GS Kena Recall

Starter Berpotensi Terbakar, Moge BMW R 1300 GS Kena Recall

Otomotif | inews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 11:09
share

JAKARTA, iNews.id - BMW mengumumkan penarikan kembali alias recall pada motor gede (moge) populernya, R 1300 GS 2024. Keputusan ini dilakukan karena adanya potensi berbahaya disebabkan relay starter yang bisa menyebabkan kebakaran.

Dilansir Greatbiker , Selasa (6/8/2024) Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) melaporkan permasalahan tersebut. Berdasarkan laporan, BMW R 1300 GS yang diproduksi antara 14 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024 terlibat dalam kesalahan rumah relay starter mesin.

Rumah relay starter yang merupakan bagian dari produksi menggunakan proses pencetakan injeksi mengalami cacat produksi. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada housing selama perakitan kendaraan.

Kecacatan produksi ini dapat menyebabkan adanya uap air di dalam housing relay starter, yang berpotensi merusak sistem start mesin. Kemudian, cacat tersebut bisa menyebabkan sistem tidak dapat menghidupkan mesin secara normal atau membuat motor starter bekerja dengan sendirinya.

Ini bisa terjadi karena kebocoran arus listrik akibat korosi dan akumulasi uap air. Kondisi tersebut diklaim sangat berbahaya karena dapat menyebabkan overheating, bahkan kebakaran.

Sebagai langkah awal, dealer BMW di Amerika Serikat telah mengimbau para pemilik R 1300 GS yang terkena dampak untuk datang melakukan perbaikan gratis. Tak hanya itu, BMW juga telah memperingatkan pemilik kendaraan untuk berhati-hati dan waspada.

Diketahui, berita penarikan kembali R 1300 GS bukanlah yang pertama di Amerika. Sepeda motor tersebut sebelumnya pernah kena recall pada Februari 2024 karena masalah serupa.

Saat itu, solusi yang dilakukan dealer adalah mengganti penutup plastik relay. Namun masalah tetap terjadi yang menunjukkan solusi tersebut tidak efektif. Sebab itu, penarikan kembali dilakukan pada Juli 2024.

Topik Menarik