Bawa Mobil Listrik Konsep eVX di GIIAS 2024, Suzuki Tetap Andalkan Kendaraan Hybrid

Bawa Mobil Listrik Konsep eVX di GIIAS 2024, Suzuki Tetap Andalkan Kendaraan Hybrid

Otomotif | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:14
share

TANGERANG, iNews.id - Dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli, Suzuki memperkenalkan mobil listrik konsep eVX. Namun, saat ini pabrikan berlogo S itu masih mengandalkan mobil hybrid.

Seperti diketahui, ada tiga model mobil hybrid yang dipasarkan Suzuki di Indonesia. Ketiga mobil itu adalah Ertiga, Grand Vitara, dan XL7. Ketiganya menyematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

SHVS merupakan sistem hybrid ringan yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan generator starter terintegrasi dan baterai lithium-ion. ISG sendiri berfungsi ganda sebagai alternator dan motor listrik, sehingga memberikan dukungan tenaga saat diperlukan dan mengurangi beban pada mesin.

Suzuki menilai mobil hybrid merupakan jembatan menuju era elektrifikasi. Melihat infrastruktur yang ada saat ini, mobil hybrid paling pas untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin beralih ke kendaraan elektrifikasi. Mobil hybrid dikenal ramah lingkungan dan efisien dibandingkan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE).

"Kenapa hybrid dulu? adaptasi konsumen lebih mudah, keterjangkauan harganya lebih terjangkau, perawatan tidak terlalu berbeda dengan mobil ICE. Saat populasinya makin banyak, harapannya tingkat industrialisasinya mencukupi sehingga memenuhi nilai keekonomisan," ujar Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra saat berbicang beberapa waktu lalu.

Terlebih, mobil hybrid yang ditawarkan Suzuki memiliki harga relatif lebih terjangkau dibandingkan model hybrid lain. Mobil hybrid Suzuki ditawarkan dengan harga mulai Rp276,2 juta (Ertiga GX Hybrid MT) sampai yang termahal Rp391,4 juta (GX AT 2 Tone) on the road Jakarta).

Donny menjelaskan, pengembangan kendaraan ramah lingkungan saat ini menjadi sangat penting bagi Suzuki Indonesia. Kehadiran tiga model hybrid Suzuki sebagai bagian dari program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) juga menjadi andalan di industri otomotif Indonesia.

Adapun untuk eVX, Donny mengungkapkan mobil listrik ini sebagai bagian dari strategi multhi-pathway Suzuki. Kehadiran Suzuki eVX di GIIAS 2024 merupakan yang pertama dipamerkan di kawasan Asia Tenggara. Mobil ini akan diproduksi massal pada 2025.

"Pada 2025 mendatang, Suzuki akan memperkenalkan versi produksi massal dari eVX," kata Donny.

Mobil listrik ini memiliki spesifikasi dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.600 mm. Artinya, dari segi dimensi mobil ini setara dengan SUV B-Segmen yang sudah banyak beredar di Indonesia.

Selain itu, eVX akan dilengkapi sistem penggerak roda EV 4WD ALLGRIP terbaru yang merupakan evolusi khusus mobil listrik dari sistem yang telah dikembangkan Suzuki di masa lalu. Sementara untuk baterai yang terpasang belum diungkap spesifikasi jenis dan mereknya, namun bisa menjangkau jarak hingga 500 km.

Topik Menarik