Yamaha Kenalkan Transmisi Otomatis untuk Motor Sport

Yamaha Kenalkan Transmisi Otomatis untuk Motor Sport

Otomotif | sindonews | Kamis, 27 Juni 2024 - 08:24
share

Setelah Honda, BWM, dan KTM, Yamaha menjadi pabrikan sepeda motor terbaru yang memperkenalkan transmisi otomatis untuk sepeda motor yang diberi nama Yamaha Automated Manual Transmision (AMT).

BACA JUGA - Yamaha NMax Turbo Resmi Diluncurkan, Nih Kecanggihan Mesinnya

Menurut Yamaha, sistem tersebut memungkinkan pengendara untuk fokus penuh pada pengalaman mengendarai sepeda motor bertenaga tinggi.

Seperti dilansir dari Rideapart, berdasarkan pernyataan tersebut, hampir dapat dipastikan sistem AMT ini akan cocok pada model bertenaga tinggi seperti MT-07, MT-09, Tracer 7, Tracer 9 dan beberapa model lainnya.

Seperti merek lain yang ada di pasaran saat ini, pengendara dapat memilih untuk mengoperasikan mesin dalam mode otomatis penuh (turn and go) atau mengaktifkan mode manual (mengganti gigi dengan menekan tombol (+) dan (-) seperti yang terdapat pada model DCT yang ditawarkan. Honda.

Artinya, sepeda motor bertransmisi AMT tidak lagi menawarkan perpindahan gigi yang dioperasikan dengan kaki. Menurut Yamaha, pengoperasian perpindahan gigi akan ditangani oleh dua aktuator elektrik yang menggantikan fungsi kopling dan kaki. Yamaha mengklaim aktuatornya hanya berbobot 2,8kg.

Menariknya, Yamaha menginformasikan bahwa sistem AMT akan memaksimalkan karakter mesin 'crossplane' yang ada.

Sebagai catatan, ini bukan pertama kalinya Yamaha memperkenalkan transmisi otomatis seperti yang dilakukan lebih dari 20 tahun lalu melalui sistem YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shift) yang digunakan pada FJR1300. Sistem ini memungkinkan pengendara mengganti gigi secara manual menggunakan jari.

Topik Menarik