Penyebab Aki Motor Cepat Tekor dan Cara Mengatasinya

Penyebab Aki Motor Cepat Tekor dan Cara Mengatasinya

Otomotif | inewsid | Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:32
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab aki motor cepat tekor dan cara mengatasinya patut diketahui oleh pengendara kendaraan roda. Aki atau accumulator adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor.

Selain berfungsi sebagai penyimpan energi listrik, aki juga berfungsi sebagai sumber daya untuk sistem kelistrikan motor. Jika aki tekor, maka motor akan sulit dihidupkan, bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Untuk mengatasi aki motor tekor, dapat dilakukan dengan cara menghindari penggunaan aksesoris tambahan yang berlebihan, mematikan lampu motor saat mesin mati, memeriksa sistem kelistrikan motor secara rutin, dan mengganti aki motor secara berkala.

Jika Anda pernah mengalami aki motor tekor, pasti Anda bertanya-tanya mengapa aki motor bisa tekor. Ada beberapa penyebab aki motor tekor dan cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Berikut ulasan mengenai penyebab aki motor tekor dan cara mengatasinya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/10/2023).

Penyebab Aki Motor Cepat Tekor

1. Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Aki motor memiliki sifat kimiawi, sehingga rentan terhadap proses pengkaratan dan terbentuknya plak, khususnya pada bagian terminalnya. Jika hal ini terjadi, motor akan sulit distarter.

2. Pengikat Aki Terlepas/Rusak

Aki motor membutuhkan komponen perantara, seperti kabel dan komponen pengikat serta sekrup, untuk menghubungkan aliran listrik ke seluruh bagian motor. Jika salah satu komponen ini terlepas atau rusak, aki tidak akan berfungsi dan dapat mengalami kerusakan.

3. Kurang Memperhatikan Muatan Kapasitas Listrik

Muatan kapasitas listrik pada aki motor dapat berkurang dalam waktu yang singkat jika motor tidak pernah dihidupkan atau selalu dalam keadaan diam untuk waktu yang lama.

4. Kiprok Bermasalah

Kiprok motor berfungsi untuk mengatur pengisian aliran listrik pada aki. Jika kiprok rusak, aki akan cepat soak.

5. Modifikasi Lampu Motor

Modifikasi lampu motor dapat membuat aki cepat tekor karena variasi lampu yang digunakan memerlukan aliran listrik yang cukup besar.

Cara Mengatasi Aki Motor Cepat Tekor

1. Memeriksa Kebersihan dan Muatan Listrik Aki

Untuk menjaga aki motor agar awet, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan ini meliputi kebersihan terminal aki dan muatan listrik aki. Terminal aki yang kotor dapat menyebabkan aki cepat soak. Muatan listrik aki yang berkurang dapat menyebabkan motor sulit distarter.

2. Memeriksa Umur Aki

Aki motor biasanya memiliki umur pemakaian sekitar 1-2 tahun. Jika umur aki sudah melebihi dari perkiraan tersebut, sebaiknya aki diganti dengan yang baru.

3. Melakukan Modifikasi Yang Sesuai

Modifikasi motor dapat membuat motor terlihat lebih menarik. Namun, perlu diperhatikan agar modifikasi yang dilakukan tidak mengganggu kinerja aki. Misalnya, jika ingin menambahkan lampu yang cahayanya terang, maka muatan aliran listrik pun harus juga disesuaikan.

Demikianlah informasi tentang penyebab aki motor cepat tekor dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik