Pengertian Uji Emisi Kendaraan Bermotor dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

Pengertian Uji Emisi Kendaraan Bermotor dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 1 September 2023 - 21:52
share

JAKARTA, iNews.id - Pengertian uji emisi kendaraan bermotor dan cara kerjanya akan diulas berikut ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan tilang uji emisi kendaraan bermotor per 1 September 2023.

Hal tersebut tertuang pada PP No. 22 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lalu pada Pasal 206 menyebut setiap kendaraan atau alat transportasi darat yang menghasilkan emisi berbasis jalan diharuskan memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi.

Uji emisi dapat dilakukan di bengkel yang terdapat di berbagai wilayah DKI Jakarta. Program uji emisi gratis tersebut didukung oleh Pemprov DKI Jakarta dan digelar pada 25-31 Agustus 2023. Namun banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu uji emisi.

Pengertian Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Uji emisi adalah upaya yang dilakukan untuk mengecek kelayakan kinerja mesin pada kendaraan, yang meliputi efisiensi pembakaran yang diuji dengan alat khusus baik itu di bengkel, dealer dan lain sebagainya.

Adapun uji emisi ini telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Udara. Disebutkan dalam Pasal 19 Ayat 1, kendaraan bermotor wajib memenuhi ambang batas emisi gas buang.

Kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan dikenakan denda bagi para sepeda motor yakni Rp250 ribu. Sedangkan bagi para pengendara mobil diberi sanksi Rp500 ribu.

Cara Kerja Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Mengutip buku Mahakarya Penelitian Ilmiah Juara Lomba Nasional karya Rizal Justian (2020), Jumat (1/9/2023) dalam proses uji emisi dilakukan dengan cara memanfaatkan Mesin Exhaust Gas Analysis. Ini untuk mengetahui kadar gas buang pada aerator yang digunakan.

Selama proses berlangsung, kendaraan akan ditempatkan di atas alat pengukur gas buang. Lalu kendaraan tersebut akan dinyalakan selama beberapa menit.

Setelah itu Mesin Exhaust Gas Analysis akan mengukur kadar gas buang yang dihasilkan seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan Nitrogen oksida (Nox). Proses uji emisi ini umumnya memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Topik Menarik