Jangan Tertukar, Kenali Jenis-jenis Sepeda Motor Mulai dari Bebek hingga Touring

Jangan Tertukar, Kenali Jenis-jenis Sepeda Motor Mulai dari Bebek hingga Touring

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 20 Juni 2023 - 10:46
share

JAKARTA, iNews.id Sepeda motor menjadi alat transportasi paling banyak digunakan di Indonesia. Fungsinya juga bermacam-macam, ada yang menggunakannya sebagai mobilitas harian, ada juga yang sekadar hobi.

Kendaraan roda dua dipilih karena memiliki efisiensi, terutama saat digunakan di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat. Sepeda motor menjadi lebih praktis dan hemat bahan bakar.

Sepeda motor juga memiliki berbagai macam jenis, yang disesuaikan dengan tujuan kegunaannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis sepeda motor, mulai dari bebek hingga touring.

1. Motor Bebek

width=560

Ini adalah sepeda motor kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri atas pipa berdiameter besar. Di belahan dunia bagian barat, desain ini juga dikenal sebagai step-through.

Motor bebek juga dapat dikenali dengan ciri ukuran roda, posisi mesin, dan transmisi, yang membedakannya dengan motor jenis lain. Namun, di beberapa negara juga ada yang menyebutnya sebagai skuter karena penempatan posisi tangki bahan bakar dan spakbor.

2. Skuter

width=560

Jenis sepeda motor berikutnya adalah skuter. Ini merupakan kendaraan roda dua yang peredarannya sangat besar di Asia, terutama di Indonesia. Sejak kehadirannya, masyarakat mulai beralih menggunakan motor jenis ini ketimbang motor bebek.

Skuter atau biasa dikenal dengan motor matik ini merupakan kendaraan roda dua dengan transmisi otomatis. Ini akan memudahkan para penggunanya, dan tidak akan membuat lelah ketika melalui lalu lintas perkotaan yang padat.

3. Motor Sport

width=560

Motor yang satu ini biasanya digunakan oleh para penghobi, tapi ada juga yang menggunakannya untuk mobilitas harian. Motor sport biasanya memiliki tampilan sporty dengan fairing dan posisi duduk yang agak menunduk.

Motor sport di Indonesia ada yang berkapasitas mesin mulai dari 150cc sampai lebih dari 1.000 cc. Ini juga akan membedakan dimensi dari motor jenis ini, yang juga akan berpengaruh pada harga jualnya.

4. Naked Bike

width=560

Motor naked atau telanjang sebenarnya masuk dalam jenis motor sport, hanya saja tidak menggunakan fairing. Ini juga kerap dianggap sebagai motor bebek, tetapi ukuran dan kapasitas mesinnya jauh lebih besar.

Jenis sepeda motor satu ini cocok untuk digunakan mobilitas sehari-hari di perkotaan dengan lalu lintas padat. Tapi, kekurangan motor satu ini adalah hawa panas dari mesin yang akan menyerang kaki karena mesinnya yang benar-benar terbuka.

6. Retro

width=560

Bagi pencinta motor bergaya klasik, tidak perlu repot mencari motor bekas ke berbagai pelosok Indonesia. Pasalnya, sekarang sudah banyak produsen motor yang menciptakan produk bergaya retro.

Melihat pasar yang besar, para pemain di industri otomotif membuat produk bernuansa klasik untuk memuaskan konsumen. Jenis sepeda motor ini memiliki segmen tersendiri, karena memiliki fitur modern tetapi bergaya tempo dulu.

7. Cruiser

width=560

Jenis sepeda motor satu ini memiliki wujud yang relatif besar, atau biasa disebut dengan motor gede (moge). Cara berkendaranya juga berbeda dengan jenis motor lain karena memiliki bobot yang berat.

Hampir semua motor cruiser punya tampilan rendah, panjang, dan gagah. Meski begitu, cruiser biasanya menghasilkan tenaga besar dan mudah dikendarai. Fungsi motor ini sebagai penjelajah yang biasa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh atau touring.

8. Trail

width=560

Motor trail juga cukup diminati oleh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan hobi mereka dalam menaklukkan medan berat di pegunungan. Bahkan, ada yang menggunakan motor ini dijalanan perkotaan dengan melakukan modifikasi pada velg dan ban.

Jenis sepeda motor satu ini biasanya memiliki bodi yang ramping dan ringan, serta mesin dengan torsi yang besar. Itu ditujukan agar pengendara dengan mudah menaklukkan tanjakan saat melakukan olahraga offroad.

9. Touring

width=560

Pada dasarnya, semua jenis motor bisa digunakan untuk touring atau melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, ada sepeda motor tertentu yang memang ditujukan untuk kegiatan tersebut.

Motor ini dibekali dengan mesin dan bodi yang kuat untuk menunjang performa, serta mampu menghadapi segala medan. Selain itu, motor ini jug menawarkan kenyamanan, sehingga pengendara tak akan merasa lelah di sepanjang perjalanan.

Topik Menarik