Lokal Banget! Ini Dia Tipe-Tipe MOD di GTA San Andreas Bernuansa Indonesia!

Lokal Banget! Ini Dia Tipe-Tipe MOD di GTA San Andreas Bernuansa Indonesia!

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 23 Mei 2023 - 14:11
share

Hai gamers ! Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dong dengan nama game yang satu ini: GTA San Andreas. Meski sudah rilis sejak lama, kini kita sudah bisa turut menikmati GTA dengan balutan lokal serasa bermain GTA San Andreas Indo!

Buat kamu yang lahir tahun 90an pasti sudah mengenal lebih dulu game ini di PlayStation ataupun di warnet jaman dulu saat kamu masih sekolah. Wah memorable banget ya!

Nah di artikel kali ini kita akan membahas apa itu GTA San Andreas dan beberapa jenis mod bernuansakan Indonesia dari game GTA San Andreas ini. Check this out!

Apa itu GTA San Andreas?

Grand Theft Auto San Andreas (GTA San Andreas) adalah game legendaris yang dirilis pada tahun 2004 silam di platform PlayStation 2 dan Xbox. Lalu kemudian versi PC dirilis pada tahun 2005.

Game ini memiliki setting tempat di tiga lokasi di kota besar Amerika, yakni Los Santos (Los Angeles), San Fierro (San Fransisco), dan Las Venturas (Las Vegas).

Game ini betul-betul begitu populer saat awal kemunculannya karena merupakan salah satu game tercanggih pada masanya dengan map yang begitu luas, jalan cerita yang luar biasa, dan banyak hal yang bisa pemain lakukan disamping hanya menamatkan jalan ceritanya saja.

Perkembangan zaman berubah dengan sangat cepat, hingga pada tahun 2021, dengan dirilisnya Grand Theft Auto IV dan Grand Theft Auto V sebagai penerus, dengan grafis dan gameplay yang jauh lebih canggih, masih banyak para gamer yang masih memainkan game ini.

Di forum-forum game ataupun kanal YouTube pun, masih banyak juga orang yang membahas segala sesuatu yang ada di game ini, padahal sudah 19 tahun sejak game ini pertama kali dirilis pada tahun 2004. Wah tidak terasa ya.

Selain itu, kamu juga dapat memainkan misi sampingan, contohnya seperti kamu bisa bekerja sebagai supir taksi, supir truk, masinis kereta api, pencuri profesional, bermain di kasino atau sekadar mengumpulkan barang-barang seperti sepatu kuda di Las Venturas, simbol pilox dari Groove Street di Los. Santos, mengumpulkan foto pemandangan San Fierro dan mutiara dari perairan San Andreas.

Mod GTA San Andreas Bertemakan Indonesia

Apakah kamu sudah bosan dengan format GTA San Andreas yang biasa kamu mainkan? Sebenarnya ada ratusan bahkan ribuan mod yang bisa kamu download dari berbagai sumber di Internet.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum mengetahui istilah mod dalam dunia game ya. Mod (kependekan dari modifikasi) (bahasa Inggris: softmod ) adalah perubahan satu atau lebih aspek permainan video, seperti tampilan atau cara berinteraksi yang dibuat oleh pemain atau penggemar permainan video.

Nah sebenarnya cukup banyak mod asli buatan Indonesia yang membuat kalian serasa berada di Jakarta bukan di Los Santos, seperti munculnya SPBU Pertamina, truk Pertamina, minimarket Alfamart dan Indomaret, dan masih banyak lagi lainnya. Pokoknya sangat melokal deh!

Sang developer, Rockstar Games memang memperbolehkan para pemain GTA iniuntuk dapat berkreasi menggunakan mod , selama main secara single player dan offline.

Dengan bermain menggunakan mod tambahan ini, pemain dapat dengan bebas menambahkan konten, mengubah skema, sistem permainan, dan bahkan merombak total visual yang sudah ada.

Bicara soal mod , ada beberapa mod buatan gamer lokal yang berhasil diunduh ribuan kali. Bahkan mod tersebut dimainkan oleh para streamer dunia lho! Jadi apa saja ya mod buatan lokal yang paling laris manis dimainkan? Check this out!

GTA Mod Bahasa Indonesia (Indonesian Translation)

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

Mendapati urutan pertama, GTA Mod Bahasa Indonesia menjadi mod yang paling banyak diunduh oleh gamer saat ini lho.

Mod ini mengubah total keseluruhan bahasa Inggris dalam GTA menjadi bahasa Indonesia. Benefitnya, seluruh cerita dalam GTA ini dapat dimengerti oleh gamer Tanah Air dengan sangat mudah sehingga para pemain semakin enjoy memainkannya.

Gojek Mission Misi Gojek Indonesia

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

Ojek online merupakan salah satu iconic- nya Indonesia khususnya di ibukota Jakarta, dan ternyata konsep mod ini juga mempengaruhi para gamer GTA lho.

Lewat mod buatan LCBuffalo dan momobimo ini memungkinkan gamer untuk dapat menjadi seorang abang ojek online dengan menyelesaikan beberapa misi pengantaran yang seru.

Polisi Indonesia (Indonesian Police)

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

Di antara mod Polisi Indonesia yang ada, mod khusus buatan Dhiya Hanis and Grafitti History ini paling sering diunduh oleh gamer GTA khususnya GTA V.

Penulis juga sangat menyukai hasil akhir dari grafis polisi Indonesia dari mod ini. Semakin tidak bosan untuk terus memainkannya.

The Indomaret Indonesian Store 1.4

gta san andreas indo
sumber: YouTube GTA Wong Kito

Maraknya penyebaran mini market di Indonesia juga menjadi inspirasi modder bernama 8bram8 . Dia telah membuat mod yang memungkinkan kamu menganti seluruh toko 24/7 di GTA menjadi mini market Indomaret . Wah jadi ciri khas Indonesia banget ya!

TNI Indonesian Army (Tentara) / KOPASSUS 1.0

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

KOPASSUS atau Komando Pasukan Khusus merupakan pasukan kebanggan Indonesia. Nah, salah satu mod buatan rajadam01 ini memungkinkan gamer mengenakan kostum loreng-loreng lengkap dengan topi baret merah milik KOPASSUS. Wah pokoknya keren banget deh grafisnya!

GTA Mod Bendera Indonesia (Indonesian Flag)

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

Ini juga merupakan salah satu mod yang penulis favoritkan. Melihat bendera Indonesia berkibar di platform game buatan luar negeri adalah suatu kebanggaan kita sebagai WNI (meskipun hanya di versi mod).

Nah pada mod GTA V ini, sang kreator bernama 0Zone telah mengubah semua bendera Los Santos, San Andreas, dan Amerika di game GTA V menjadi bendera Indonesia. Hiduplah Indonesia Raya!

Indonesian Female Peds Pack 1.0

gta san andreas indo
sumber: GTA5-Mods.com

Jujur ketika melihat mod tipe ini, penulis merasa tergelitik dan terhibur. Khusus mod yang satu ini merupakan mod lokal asli buatan whizky_yellow dan cukup digemari oleh para pemain GTA.

Mod ini mengubah karakter wanita pada game besutan Rockstar tersebut menggunakan pakaian seragam pegawai Indomaret, pegawai Pertamina, hingga anak SMA. Grafisnya benar-benar mempresentasikan siswi SMA Indonesia banget ya.


Nah demikianlah ada rangkuman tujuh mod asli buatan Indonesia yang sudah dimainkan oleh para gamer di Indonesia dan bahkan secara universal lho!

Itulah sebabnya Grand Theft Auto San Andreas masih sangat populer di seluruh dunia, meskipun ada dua sekuel dan juga banyak game sejenis yang jauh lebih baik dari segi grafis dan gameplay- nya.

Topik Menarik