Sejarah Karoseri Bus Tentrem, dari Teknisi Nganggur Jadi Perusahaan Manufaktur Terbesar

Sejarah Karoseri Bus Tentrem, dari Teknisi Nganggur Jadi Perusahaan Manufaktur Terbesar

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 28 Februari 2023 - 14:15
share

JAKARTA, iNews.id Perusahaan manufaktur karoseri Tentrem dikenal di kalangan pengusaha otobus dan busmania. Tapi, siapa sangka usaha ini didirikan dari teknisi bus yang mengganggur.

Karoseri merupakan bagian penting dalam dunia transportasi darat karena mereka memiliki peran untuk membangun bodi, khususnya bus. Tentrem jadi perusahaan manufaktur yang cukup favorit karena memiliki desain yang menarik.

Karoseri Tentrem itu didirikan tahun 1983. Tapi sebenarnya ini berawal dari angkutan, PO Tentrem. Karoseri ini cikal bakalnya itu adalah divisi perawatannya, dari body repair, kata Yohan Wahyudi dalam video di kanal YouTube PerpalZ TV.

Sekadar informasi, karoseri ini didirikan oleh Tatang Wahyudi, ayah dari Yohan Wahyudi, yang sudah memulai usaha transportasi darat dengan bus pada 1978. Berawal dari PO bus akhirnya tercetuslah gagasan membangun karoseri.

Kalau dulu, busnya sudah keluar semua kan siangnya nganggur, cari kerjaan. Bus itu sudah mulai jelek, bawa sini. Diketok-ketok, di las lagi, dempul lagi, cat lagi, bisa jalan lagi. Jadi berawal dari situ, ujar Yohan.

width=560

Namun, saat itu karoseri Tentrem hanya menyediakan jasa perbaikan unit, belum sampai pada pembuatan bodi. Hal tersebut dimulai pada awal tahun 1990-an, ketika ada permintaan dari salah satu perusahaan otobus (PO).

Uniknya, sebelum memiliki desain sendiri, karoseri Tentrem bisa membuat jenis dan model bodi bus apa pun sesuai permintaan pelanggan. Ini yang membuat mereka dibanjiri pesanan karena membangun bodi berdasarkan keinginan konsumen.

Karoseri itu benar-benar mulai diseriusin 90-an, kurang lebih 92-93 itulah. Jadi dulu itu punya gambar apa, foto apa, bisa dibikinin semirip mungkin. Terus kalau kita inget tahun 96-97 itu krismon (krisis moneter), hancur lagi karoseri, ucap Yohan.

Karoseri Tentrem juga terus meningkatkan kualitas produksinya dengan membawa alat-alat canggih. Ini memungkinakn proses pengerjaan menjadi lebih cepat dan presisi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan karoseri lainnya.

width=560

Hasil gunting kan cuma lurus dan lurus. Akhirnya pada 2015 kita SPK (mesin laser), 2016 barangnya datang. Kita enjoy, sampai detik ini kita sudah puny 3 mesin laser. Tujuan kita ingin bikin produk yang bagus. Sekarang pelan-pelan mesin kita mulai komplet, ungkap Yohan.

Yohan menegaskan bahwa karoseri Tentrem terus berusaha meningkatkan kualitas produksi bodi bus berdasarkan masukan konsumen. Hal ini menjadi salah satu cara mereka agar tak ditinggal konsumen.

Topik Menarik