Honda Wave Alpha 2023, Honda Supra Fit yang Masih Eksis di Vietnam, Cek Spesifikasi dan Harganya

Honda Wave Alpha 2023, Honda Supra Fit yang Masih Eksis di Vietnam, Cek Spesifikasi dan Harganya

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:27
share

Sukoharjonews.com Masyarakat Indonesia tentu masih ingat dengan Honda Supra Fit. Ya, motor ini ternyata masih eksis di jual di Vietnam. Bahkan, pihak Honda Vietnam merilis versi terbarunya yang punya nama lain Honda Wave Alpha 110 2023 yang sangat mirip dengan Honda Supra Fit di Indonesia.


Dikutip dari Warungasep, Rabu (31/8/2022), motor ini pernah hadir di Indonesia tahun 2005 lalu. Sudah hampir dua dekade motor ini ternyata masih eksis di negara tetangga. Bahkan tidak hanya Honda saja, pesaingnya dari kubu Yamaha juga masih menjual bebek serupa yakni kembaran dari Yamaha Vega R karbu yang punya nama tersendiri yakni Yamaha Sirius.

Hal itu sangat wajar karena negara-negara di Asia Tenggara memang menjadi endemik motor cub atau bebek, tidak hanya di Vietnam saja, di Kamboja, motor yang lebih jadul lagi yakni kembaran Honda Kirana 125 masih eksis dijual dengan nama Honda Dream 12. Bahkan di negara tetangga kita Malaysia saja, kembaran Honda Astrea Prima punya varian terbarunya yang diberi nama Honda EX5.

Honda Wave Alpha Putih. (Foto: Warungasep)

Honda Wave Alpha 2023, desainnya identik dengan New Honda Supra Fit edisi tahun 2005 lalu, desain headlamp yang menyatu dengan lampu sein, body depan membulat dan juga velg jari-jari yang menjadi ciri khas motor bebek jadul dengan rem teromol, masih dipertahankan.

Jika dilihat lebih detail lagi ternyata ada beberapa perbedaan, diantaranya footpeg pembonceng yang kini menggunakan model gantung, knalpot pakai cover chrome yang lebih jengat (versi Supra Fit cenderung datar), dan tentu saja ada beberapa tambahan fitur yang diimprove, diantaranya panel speedometer yang lebih terlihat futuristik walaupun masih tetap analog dan juga kunci kontak berpengaman magnet.

Honda Wave Alpha 2023/ (Foto: Warungasep)

Mesin motor ini sudah upgrade menjadi 110cc seperti Honda Revo Koperasi, lebih tepatnya 109cc 1 silinder berpendingin udara, powernya kecil banget hanya 6,12 Kw pada 7500 rpm dan tosri maksimum diangka 8,4 Nm pada 5500 rpm.

Nah, karena masuk kedalam jajaran motor kelas entry, harga Honda Wave Alpha ini terbilang murah, pihak Honda Vietnam membanderolnya dengan harga VND 17.859.273 atau sekitar Rp11,4 jutaan. Motor kembaran Supra Fit Mat ini dijual dalam 3 pilihan warna standar diantaranya warna merah, putih dan biru ditambah satu lagi varian special warna hitam doff yang dijual sedikit lebih mahal. (nano)


Topik Menarik