Jangan Sampai Terbalik, Begini Cara Lepas Pasang Aki Mobil

Jangan Sampai Terbalik, Begini Cara Lepas Pasang Aki Mobil

Otomotif | inewsid | Selasa, 15 Maret 2022 - 10:45
share

JAKARTA, iNews.id - Cara lepas pasang aki mobil dapat dilakukan sendiri di rumah. Aki (accu) atau baterai merupakan komponen sangat vital pada kendaraan, sehingga kalau habis harus segera diganti.

Aki berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, mulai dari starter, sistem pengapian, AC, audio hingga beberapa bagian lain dari mobil.

Meski lepas pasang aki mudah, namun tidak boleh sembarangan. Perlu tahapan yang benar baik saat melepas maupun memasangnya agar tidak korsleting.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara lepas pasang aki mobil yang benar.

1. Lakukan Secara Hati-Hati

Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian kendaraan. Melepas aki harus dilakukan secara hati-hati. Hal itu supaya tidak terjadi adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil. Pasalnya jika sistem kelistrikan mobil rusak, akan menyebabkan bahaya lain khususnya terkait kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, proses pelepasan harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

2. Fokus pada Bagian Kutub Negatif

Seperti komponen pemberi daya listrik yang lain, aki memiliki dua kutub yakni negatif dan positif. Jika ingin melepasnya, langkah yang pertama adalah fokus terlebih dahulu pada bagian kutub negatif. Anda dapat memulainya dengan melepas kabel, baut, dan juga klem pada bagian kutub tersebut

Alasan kenapa harus melepas bagian negatif dulu tak lain adalah agar tidak terjadi adanya hubungan arus pendek atau korsleting listrik yang berbahaya. Jika terjadi konslet, tentu akan sangat berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil.

3. Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika sudah melepaskan semua bagian pada kutub negatif, kemudian lakukan pelepasan dengan hati-hati juga ke kutub positif. Saat melakukan pencopotan, pastikan bahwa semua kabel serta klem telah terlepas. Pastikan jangan sampai ada yang masih terhubung dengan aki mobil.

4. Angkat Aki Perlahan dan Tegak Lurus

Saat seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki terlepas atau tidak ada yang tersambung lagi, maka komponen tersebut bisa mulai mengangkat aki. Proses pengangkatan ini juga harus dilakukan secara perlahan hati-hati dan tegak lurus.

Bukan tanpa alasan, hal itu demi menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar dan mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil. Jika telah berhasil mengangkat aki dengan benar, sebenarnya proses ini telah selesai. Berikutnya, tinggal mulai menggantinya dengan aki baru.

5. Pasang Kembali Aki

Pastikan Anda telah memilih aki yang bagus dan cocok untuk mobil. Memilih aki yang cocok sangat penting karena perbedaan daya ampere dari aki yang dijual di pasaran harus sesuai dengan mobil yang dimiliki. Lakukan tahap pemasangan sesuai seperti saat pelepasan.

Jika kebingungan menentukan aki mana yang cocok untuk kebutuhan mobil, sebaiknya bawa mobil ke bengkel resmi agar proses penggantian aki lebih mudah.