Wasit Kontroversial Omar Al Ali Pimpin Laga Indonesia Vs China

Wasit Kontroversial Omar Al Ali Pimpin Laga Indonesia Vs China

Olahraga | purwokerto.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:19
share

QINGDAO, iNewsPurwokerto.id - Wasit kontroversial Omar Al Ali dari Uni Emirat Arab ditunjuk untuk memimpin pertandingan antara Timnas Indonesia dan China pada matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga, Selasa (15/10/2024). Skuad Garuda kembali dihadapkan pada kekhawatiran akan potensi ketidakadilan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia mengalami masalah serupa saat menghadapi Bahrain di ajang yang sama, Kamis (10/10/2024). Pertandingan berakhir imbang 2-2, namun kemenangan yang sudah hampir di tangan Indonesia buyar karena gol kontroversial Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9.

Gol ini menuai banyak kritik karena waktu tambahan yang diberikan wasit Ahmed Al Kaf asal Oman hanya enam menit. Insiden ini membuat Al Kaf diserbu oleh netizen Indonesia, hingga akun Instagramnya menghilang dari publik.

Belum pulih dari kekecewaan tersebut, kini AFC menunjuk Omar Al Ali sebagai wasit untuk pertandingan penting melawan China. Al Ali juga memiliki rekam jejak yang kurang baik, setelah sebelumnya membuat keputusan kontroversial saat Bahrain melawan Australia pada matchday pertama Grup C.

 

Saat itu, Al Ali memberikan kartu merah langsung kepada pemain Australia, Kusini Yengi, pada menit ke-77. Keputusan tersebut membuat Australia bermain dengan sepuluh pemain dan akhirnya kalah 0-1 karena gol bunuh diri Harry Souttar di menit ke-89.

Tentunya, diharapkan tidak ada insiden kontroversial yang terjadi pada laga melawan China. Garuda sangat membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2026.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kelima klasemen Grup C dengan tiga poin. Mereka berada di bawah Jepang (9 poin), Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang sama-sama mengantongi 4 poin.

Topik Menarik