Finis ke-3 di MotoGP Jepang 2024, Marc Marquez Beri Komentar Mengejutkan

Finis ke-3 di MotoGP Jepang 2024, Marc Marquez Beri Komentar Mengejutkan

Olahraga | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 06:19
share

MOTEGI, iNews.id – Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez, berhasil finis ketiga dalam balapan utama MotoGP Jepang 2024, Minggu (6/10/2024). Namun, usai lomba dia malah memberi komentar mengejutkan. 

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu memulai balapan panjang di Sirkuit Motegi itu dari posisi kesembilan. Namun, dia bisa naik beberapa tempat di lap pertama.

Setelah itu, Marquez bisa perlahan-lahan naik ke posisi ketiga. Sukses itu juga tak lepas dengan bantuan kecelakaan yang dialami Pedro Acosta. 

Walau nyaris terkejar oleh Enea Bastianini di lap-lap akhir, Marquez konsisten mempertahankan posisinya hingga finis dengan selisih 3,822 detik dari sang pemenang, Francesco Bagnaia dan terpaut 1,189 detik dari Jorge Martin yang berada di tempat kedua.

Namun, meski berhasil naik podium, Marquez malah mengeluarkan komentar mengejutkan. Dia menilai balapan utama MotoGP Jepang 2024 membosankan, tetapi tetap taktis. 

Pembalap asal Spanyol itu pun mengaku sempat mencoba memangkas ketertinggalannya dari Bagnaia dan Martin, namun dia malah melebar di Tikungan 1 yang membuat dirinya justru hampir dikejar oleh Bastianini.

“Itu adalah balapan yang membosankan namun taktis. Saat saya mencapai posisi ketiga, Pecco -sapaan Bagnaia- dan Jorge sudah membuka jarak. Saya mencoba memperkecil jarak, namun saya melakukan kesalahan di Tikungan 1,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Minggu (6/10/2024).

“Saya kemudian menyerah dan mencoba mempertahankan posisi ketiga melawan Bastianini yang tampil sangat baik. Saya agak takut dengan lap terakhir karena kita semua tahu dia mencetak waktu putaran yang bagus di akhir balapan,” ucapnya.

Dengan hasil tersebut, Marquez dua kali finis di tempat ketiga dalam MotoGP Jepang 2024. Sebelumnya, dia juga menyelesaikan sprint di podium ketiga.

Juara MotoGP enam kali itu pun meninggalkan sedikit penyesalan. Sebab, dia semestinya bisa mengamankan pole position saat kualifikasi tetapi malah melanggar batas lintasan sehingga lapnya dibatalkan.

Padahal menurutnya, jika bisa start dari depan maka balapan di Sirkuit Motegi bakal jauh lebih mudah. Meski begitu, bintang asal Spanyol tersebut sudah cukup puas dengan peningkatan yang dilakukannya selama sesi latihan di Negeri Sakura.

“Kalau start dari depan, segalanya lebih mudah, tapi sayangnya hanya menempati posisi ke-9 di grid. Saya berhasil mengejar ketertinggalan di tikungan 10, namun karena akselerasi yang buruk, Miller juga melewati saya, yang memakan banyak waktu," jelas rider berusia 31 tahun itu.

“Penting bagi kami untuk meningkatkan diri dalam latihan. Hal ini juga berhasil di Motegi, namun sayangnya kami tidak beruntung,” pungkasnya.

Marquez saat ini masih duduk di peringkat keempat klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 311 poin. Dia tertinggal dua angka saja dari Enea Bastianini yang berada tepas di atasnya, tetapi masih terpaut 81 angka dari Jorge Martin, yang duduk di puncak klasemen.

Topik Menarik