Pro dan Kontra Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Begini Jawaban Shin Tae-yong

Pro dan Kontra Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Begini Jawaban Shin Tae-yong

Olahraga | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 13:27
share

Keberadaan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia terus menimbulkan pro dan kontra. Namun Shin Tae-yong memandang hal ini dengan santai.

Menurutnya, gelombang pemain naturalisasi demi kebaikan timnya agar bisa bersaing di kancah sepak bola dunia. Shin Tae-yong meminta publik sepak bola Tanah Air jangan salah sangka.

Saat ini ada dua tambahan pemain yang segera menjadi warga negara Indonesia (WNI), Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Pemain itu diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Link live streaming Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste U-20

Shin Tae-yong mengatakan adanya pemain-pemain naturalisasi membuat Skuad Garuda makin disegani di kancah sepak bola dunia. Hal itu menjadi dampak nyata adanya tambahan pemain naturalisasi.

"Memang sekarang kita bisa lihat sendiri masyarakat dan fans sepak bola Indonesia pada bahagia pastinya. Mungkin dengan adanya pemain naturalisasi mungkin kita bisa memposisikan diri kita di sini sekarang," kata Shin Tae-yong di Jakarta.

"Kalau lebih naik lagi performa kami, tidak akan mudah dikalahkan melawan siapapun. Jadi, memang ada yang bilang menyusahkan pemain lokal, tapi tolong jangan ada yang salah sangka. Kalau kita bisa naik peringkat 50 FIFA ranking, mungkin sepak bola Indonesia tidak akan mudah dikalahkan," tambahnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste U-20: Kadek Arel Emoh Kejadian di Piala AFF TerulangPelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan paling terpenting saat ini Timnas Indonesia harus mendapatkan dukungan dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, kans timnya tampil dalam putaran final Piala Dunia 2026 cukup terbuka.

"Tolong sekarang melihat dengan sudut pandang yang lebih besar. Kalau kita bisa lolos ke Piala Dunia dan sepak bola kita semakin besar, semuanya akan mengapresiasi kepada Ketum PSSI Erick Thohir. Kami bisa menjadi tim yang paling kuat di Asia," ucapnya.

Saat ini Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan dua poin. Poin itu dari dua kali hasil seri dalam dua laga yang dimainkan.

Topik Menarik