Kapan dan Bagaimana Saul Canelo Alvarez Jadi Bintang Tinju Terbesar?

Kapan dan Bagaimana Saul Canelo Alvarez Jadi Bintang Tinju Terbesar?

Olahraga | sindonews | Sabtu, 14 September 2024 - 14:14
share

Kapan dan bagaimana Saul Canelo Alvarez hingga menjadi bintang tinju terbesar? Mencoba menelusuri kembali titik ketika seorang pemuda Meksiko berambut merah mengumpulkan gelar Face of Boxing bukanlah tugas yang mudah.

Karena ada beberapa perhentian, awal yang salah, dan pelajaran di sepanjang jalan bagi Saul Canelo Alvarez, petinju ikonik berusia 34 tahun yang telah menjadi, setelah Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, pembangkit tenaga listrik keuangan yang menjulang tinggi dalam olahraga ini.

Dia secara teratur masuk dalam daftar orang kaya, memanggil hampir semua orang dan, mungkin sebagai pelajaran yang diturunkan dari Mayweather (dan bukan satu-satunya), dia mengklaim mendapat bagian 80 persen dari semua yang dijual di tempat pertarungan, mulai dari barang dagangan hingga minuman soda dan makanan ringan.

Baca Juga: Siapa Edgar Berlanga, Petinju Raja KO Menang KO 16-0 di Ronde 1

Memulai perjalanan profesionalnya di usia 15 tahun, bahkan Canelo tidak akan pernah membayangkan betapa besar kesuksesannya. Namun, untuk sementara waktu, hal itu tampaknya sudah tertulis, terutama setelah persatuannya yang relatif dini dengan Oscar De La Hoya, yang mempresentasikannya kepada media tinju Inggris di Las Vegas pada akhir pekan di sekitar tahun 2009 yang mengklaim bahwa Canelo akan “menjadi yang berikutnya” dalam sebuah barisan yang dapat ditelusuri kembali ke Oscar, Julio Cesar Chavez, dan lebih jauh lagi ke belakang dalam sejarah panjang para petinju Hispanik.

Tentu saja, Canelo segera menjadi pusat perhatian dalam pertarungan-pertarungan utama, namun ia mendapatkan kesempatan untuk tampil pada pertandingan undercard Floyd Mayweather, dengan Mayweather bertanding tinju melawan Shane Mosley dan Miguel Cotto; tidak lama kemudian, Canelo sendiri mengalahkan Mosley (pada undercard Mayweather) dan kemudian Cotto.

Sebelum dia sampai di sana, Canelo bertarung melawan Mayweather sendiri pada tahun 2013 sebagai puncak dari minggu pertarungan yang luar biasa di Las Vegas untuk sebuah pertunjukan yang dijuluki The One, yang menjadi pendahulu dari film blockbuster box office Mayweather melawan Pacquiao dan Conor McGregor.

Mayweather vs Canelo menghasilkan sekitar USD150 juta di Showtime dan menjual lebih dari 2 juta tiket. Mayweather melanjutkan apa yang ditinggalkan De La Hoya kepada media Inggris empat tahun sebelumnya ketika ia menyatakan: “Saya hanya memiliki waktu 24 bulan lagi, dan inilah orangnya.”

Dia mengacu pada Canelo, yang melihat pertarungan melawan Floyd namun terlihat kebingungan dan kehabisan jawaban di pertengahan ronde. Tentu saja, banyak yang mengatakan bahwa kontes ini datang terlalu cepat bagi Canelo, bahwa kelas menengah lebih cocok untuk Mayweather, namun Canelo kebingungan, tersesat dalam labirin Mayweather di MGM Grand.

Namun, ia muncul sebagai petarung yang lebih lengkap dalam hal pengalaman dan dalam waktu dua tahun ia telah melakukan apa yang diprediksi oleh Mayweather dan menjadi daya tarik terbesar dalam olahraga ini. Pada tahun 2017 dan 2018, Canelo berhasil melewati dua pertarungan sengit dengan Gennady Golovkin tanpa kekalahan dan dinyatakan positif menggunakan clenbuterol, menjalani larangan bertanding selama enam bulan di antara dua pertarungan dengan Golovkin - yang hanya berjarak satu tahun.

Daya tariknya tidak berkurang ketika ia kembali dan ia melanjutkan perjalanannya dalam berbagai pertandingan utama dan film laris berbayar. Lebih dari 10 tahun setelah kekalahan telak di tangan Mayweather, Canelo masih berada di puncak tanpa pewaris yang jelas atas tahta paling menguntungkan dalam olahraga ini.

Pada tahun 2017 dan 2018, Canelo berhasil melewati dua pertarungan sengit melawan Gennady Golovkin tanpa kekalahan dan dinyatakan positif menggunakan clenbuterol, dan menjalani larangan bertanding selama enam bulan di antara dua pertarungan melawan Golovkin - yang hanya berjarak satu tahun.

Daya tariknya tidak berkurang ketika ia kembali dan ia melanjutkan perjalanannya dalam berbagai pertandingan utama dan film laris berbayar. Lebih dari 10 tahun setelah kekalahan telak di tangan Mayweather, Canelo masih berada di puncak tanpa pewaris yang jelas atas tahta paling menguntungkan dalam olahraga ini. Namun Canelo telah masuk dalam radar Doug Fischer, editor The Ring, bahkan sebelum ia pindah ke Amerika.

''Dia sudah menjadi bintang remaja di Meksiko sebelum memulai kampanye di Amerika Serikat, karena dia telah bertarung di jaringan terestrial gratis (Televisa), yang telah memasarkannya sebagai 'hal besar berikutnya',” kenang Fischer.

''Pertarungan perebutan gelar pertamanya pada tahun 2011 menarik 11.000 penonton ke Honda Center di Anaheim, California, namun saya rasa tahun 2013 merupakan tahun terobosannya di AS karena ia menarik hampir 40.000 penonton ke Alamodome, San Antonio (melawan Austin Trout) dan menantang Floyd Mayweather Jr. dalam sebuah acara PPV yang berhasil meraih dua juta penonton.”

Jarang sekali, dalam kekalahan, bintang generasi berikutnya lahir. Biasanya obor akan diteruskan, namun Mayweather dengan tegas bertahan. ''Pertarungan itu adalah pertandingan utama PPV besar pertama Canelo, yang membuatnya basah dalam sisi bisnis tinju serta acara olahraga tingkat tertinggi di Amerika dan semua tekanan dan kewajiban yang menyertai acara semacam itu,” tambah Fischer.

''Ia belajar untuk menghindari perjanjian catchweight yang tidak menguntungkan, ia memahami betapa banyak energi yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam hal-hal seperti serial 24/7 HBO, dan ia juga mendapatkan pelajaran tinju yang memalukan dari Mayweather. Hal ini melukai egonya, namun juga membuat api di dalam perutnya semakin berkobar. Canelo terus mengasah kemampuannya dengan semangat baru, dan ia terus berkembang, pertarungan demi pertarungan, setelah kekalahan pertamanya.”

Penyiar utama HBO saat itu, Jim Lampley, setuju bahwa pertarungan melawan Mayweather lebih dari sekadar memainkan peran aktif dalam kebangkitan Canelo, meskipun seperti Fischer, ia telah mengatur perjalanannya. ''Itu adalah pendakian yang bertahap, bukan ledakan besar,” kata Lampley.

''Dia dikenal oleh publik tinju sebelum dia bertarung melawan Floyd Mayweather, dan meskipun dia diprediksi kalah dalam keputusan mayoritas, dia terlihat mengancam Mayweather dengan cara yang tidak pernah dilakukan oleh lawan-lawan sebelumnya. Salah satu juri memberikan hasil imbang pada pertarungan tersebut. Itu adalah langkah pertama.''

''Langkah kedua terjadi pada tanggal 9 Mei 2015, satu minggu setelah kebosanan Mayweather-Pacquaio yang sangat mahal, dengan para penggemar pertarungan yang masih meratapi kekecewaan atas 'pertarungan abad ini' yang terakhir, dan dengan jumlah penonton yang lebih besar dari biasanya yang menonton di HBO, Canelo melakukan penghancuran dalam tiga ronde atas James Kirkland yang penuh dengan kekerasan di hadapan para penonton di stadion di Houston. Sejak saat itu, Canelo menjadi tontonan wajib di televisi, apa pun platformnya. Dan dia terlihat mendapatkan rasa hormat dari Mayweather yang membuatnya menjadi tidak penting apakah dia 'menang' atau tidak.''

Jika ada, keputusan mayoritas mungkin telah menghalangi Canelo. Sifat kontroversial dari juri CJ Ross yang melihat pertarungan yang seimbang padahal kenyataannya adalah kemenangan telak Mayweather masih melekat di tenggorokan mereka yang berada di sana. Meskipun begitu, Canelo terus menekan dan menghentikan Alfredo Angulo kurang dari lima bulan kemudian.

Canelo berjuang keras untuk meraih kemenangan tipis dan masih diperdebatkan (split decision) atas Erislandy Lara, dengan beberapa orang percaya bahwa kekuatan bintangnya, dan bukan kemampuannya, yang membawanya keluar dari kesulitan dan memberinya kemenangan, namun penghancuran Kirkland, sebuah kemenangan angka atas Cotto, dan KO spektakuler atas Amir Khan yang malang, menambah momentum, rekening bank, dan catatan rekornya.

Dan saat ini, tempat di puncak telah kosong. Anthony Joshua merupakan bisnis yang besar di Inggris namun tidak terlihat di Amerika Serikat, di mana Pacquiao dan Floyd tidak terlihat. Tyson Fury semakin bertambah berat badannya dan lebih sering berada di klub malam dibandingkan klub tinju dan tidak ada orang lain yang memiliki gravitasi atau basis penggemar seperti Canelo. Fakta bahwa ia siap untuk masuk ke dalam parit dan mengakomodasi lawan hanya menambah daya tariknya.

''Gaya bertarungnya adalah bagian dari itu, dan menjadi seorang Meksiko - yang jarang terjadi - tidak ada salahnya,” tambah Fischer. “Namun, yang terpenting adalah sikap dan karismanya. Ia bersedia menantang dirinya sendiri, yang sangat dihormati oleh para penggemar fanatik, serta memiliki kepercayaan diri dan kesombongan layaknya seorang koboi.” ''Ia adalah seorang bintang karena ia adalah daya tarik penonton nomor satu dalam tinju Meksiko,” jelas Lampley.

Namun Canelo tidak melakukan apa pun untuk merebut obor dari Mayweather di atas ring, dan ketika dia memiliki kesempatan untuk duduk di puncak olahraga tanpa perselisihan, bagi banyak orang, dia dihadiahi hasil imbang saat menghadapi Gennady Golovkin dalam pertarungan pertama mereka, dan meskipun Canelo memenangkan pertandingan ulang dengan selisih yang sangat kecil - dengan suara mayoritas - itu adalah kemenangan yang paling menonjol bagi Fischer sebagai kemenangan paling penting bagi petinju asal Meksiko tersebut.

''Bagi saya, ini adalah pertandingan ulangnya dengan Golovkin,” kata editor Ring. “GGG menyulitkannya dalam pertarungan pertama mereka, dan seperti kebanyakan pengamat, saya pikir Canelo kalah dalam pertarungan itu. Sebagian besar petarung dengan perawakannya akan menerima hasil imbang dan mengucapkan 'selamat tinggal' pada petinju keras seperti Golovkin selamanya, namun Canelo memiliki banyak kebanggaan. Dia ingin kesempatan untuk menjadi lebih baik. Dan dia bertarung dengan lebih baik dalam pertandingan ulang, yang merupakan Pertarungan Terbaik Tahun Ini, dan sebuah laga klasik modern di antara para juara kelas menengah.”

Lampley berjuang untuk menentukan kemenangan besar Canelo, dan percaya bahwa daya tarik bintangnya adalah hasil dari lebih dari satu penampilan luar biasa. Dia memiliki rekor jangka panjang yang menentukan,” kata Lampley. “Dia memiliki rekor jangka panjang yang menentukan,” kata Lampley. “Saya tidak berpikir ada satu kemenangan yang menentukan, meskipun mengalahkan Austin Trout sangat penting dalam membuktikan bahwa ia dapat mengalahkan seorang petinju-pemukul yang terampil, dan mengalahkan Miguel Cotto adalah langkah besar karena Cotto adalah bintang besar, yang sangat dihormati karena kemampuan dan profesionalismenya. Dua kemenangan tersebut merupakan kepercayaan besar pada saat itu.”

Tentu saja, kontroversi besar Canelo muncul di antara pertarungan Golovkin, dengan hasil tes clenbuterol yang positif. Hal tersebut menjadi dilema bagi para penggemarnya, dan juga bagi Fischer dari The Ring. ''Itu adalah masalah besar pada saat itu dan saya pikir itu menyakiti dan mempermalukan Canelo secara pribadi saat dia berurusan dengan penyelidikan,” kata Fisher.

''Ada banyak sorotan terhadapnya dari para penggemar, media, dan sebagian besar industri tinju. Ini adalah waktu yang sulit bagi Majalah Ring juga, karena kami telah bersumpah untuk mencoretnya dari peringkat dan mencopot gelar juara The Ring jika komisi Nevada menangguhkannya, dan itulah yang terjadi. Namun, kami mendapat tekanan dari Golden Boy Promotions (promotor Canelo pada saat itu dan pemilik majalah). Kami melawannya dan akhirnya mendapatkan apa yang kami inginkan - Canelo dicoret dari peringkat sebelum pertandingan ulang, tetapi seluruh cobaan yang berlangsung berbulan-bulan itu sangat menegangkan,''analisisnya.

Saat ini, sangat jarang ada kelas induksi Hall of Fame yang tidak menyertakan seorang petinju yang telah dites positif dan tidak diragukan lagi bahwa Canelo akan menuju ke Canastota. Beberapa anggota otoritas tinju berpendapat bahwa Alvarez positif terkontaminasi secara sah dari daging, termasuk agen doping kelas atas, namun lumpur tersebut masih melekat di beberapa tempat, meskipun waktu telah berlalu.

“Dia telah menjalani skandal PED meskipun ada bukti yang tak terbantahkan,” kata Lampley. “Sangat membantu baginya bahwa lawan di ujung diskusi itu berasal dari Kazakhstan, bukan dari Amerika Serikat atau Meksiko... Tidak ada pelanggaran lebih lanjut yang dirasakan, Gennady secara efektif telah pensiun, dunia ingin terus maju dan kami melakukannya.”

Dan bagaimana dengan warisan Canelo? Fischer yakin bahwa ia adalah salah satu petinju Meksiko terhebat sepanjang masa dan “sejajar dengan Julio Cesar Chavez.”

Tidak ada yang lebih baik dari itu, namun Lampley melihat Canelo sebagai seorang petinju yang masih dapat melakukan lebih banyak hal untuk meninggalkan jejaknya. “Dia sedang berjuang untuk warisannya saat ini,” tambah Lampley.

“Bahkan superstar Meksiko lainnya yang masih hidup seperti Marco Antonio Barrera dan Erik Morales telah mengakui kepada saya bahwa Canelo saat ini dapat menyatakan sebuah kasus untuk dilihat sebagai petinju Meksiko terhebat yang pernah ada, dan identitas warisan seperti itu akan sama tingginya dengan yang dapat dicapai oleh petinju saat ini.”

Namun, seperti kebanyakan pengamat, Lampley tidak yakin bahwa kemenangan atas Berlanga akhir pekan ini akan memberikan sesuatu yang berarti bagi warisan tersebut. Kata kunci bagi Canelo selama dua tahun terakhir adalah Benavidez. David Benavidez, “The Mexican Monster”, adalah rival alami dan tidak perlu bagi Canelo untuk keluar dari kelasnya. Ini adalah pertarungan terbesar dalam dunia tinju, dan bisa dibilang pertarungan terbaik yang dapat dilakukan.

“Ini akan mendapatkan rasa hormat dari generasi penggemar tinju yang sama sekali baru,” kata Fischer, ketika ditanya apakah Alvarez harus mencari Benavidez. “Para pemimpin media sosial dan pembuat konten yang lebih muda yang belum ada saat dia pertama kali mulai membuat namanya terkenal 15 tahun yang lalu.”

“Benavidez sangat karismatik,” kata Lampley. “Jadi, Canelo dapat meningkatkan popularitasnya hanya dengan mengambil pertarungan ini. Namun jika risiko melawan Berlanga adalah peringkat tiga atau empat, maka risiko melawan Benavidez di kelas 76,2 kg terlihat seperti peringkat delapan atau sembilan. Bagi lawan-lawan lain, namun mungkin tidak bagi Canelo. Bayarannya mungkin akan menyaingi atau melebihi apa yang ia dapatkan karena mengambil resiko melawan Golovkin. Namun dia adalah Canelo, jadi dia dapat menghasilkan banyak uang tanpa mengambil resiko melawan Benavidez. Dan itulah yang kita lihat saat ini. Edgar Berlanga. Lagipula, seberapa jauh lagi dia dapat menjadi lebih populer? Dan bukankah warisannya sudah terangkat dan aman? Saya rasa begitu.”

Canelo belum benar-benar membakar semangat Benavidez. Ini jelas merupakan salah satu topik yang paling tidak disukainya, namun ia lebih terbuka mengenai keinginannya untuk mencoba mengalahkan Dmitriy Bivol. Pertama, tentu saja, petinju Rusia ini harus bertemu dengan rekan senegaranya Artur Beterbiev di Riyadh bulan depan dalam salah satu pertarungan besar tahun ini, namun terdapat banyak pilihan menarik di kelas 79,3 kg jika itu adalah tempat Canelo melihat masa depannya.

Tentu saja, antrian untuk menghadapi industri tinju Meksiko sangat panjang, dan menampilkan Terence Crawford - yang memanggil Canelo dari kelas 69,8 kg - hingga para monster di kelas 79,3 kg dan semua orang di antaranya yang menginginkan kesempatan mereka di benteng ekonomi tinju.

''Publik global belum cukup tahu tentang David Benavidez, David Morrell, atau dalam hal ini bahkan Terence Crawford, sehingga sangat penting bahwa nama-nama itu muncul di aplikasi warisan Canelo,” kata Lampley ketika ditanya apa yang perlu dilakukan Canelo untuk meningkatkan aplikasi itu. “Ini bukan Ali-Frazier yang sedang kita bicarakan di sini. Canelo bisa saja pergi besok dan sebagian besar pengamat yang berarti akan langsung menyebutnya sebagai petinju Meksiko terhebat yang pernah ada.''

Baca Juga: Duel Mike Tyson vs Jake Paul Terancam Dibatalkan

''Ini tidak akan pernah menjadi suara bulat. Jadi, kebutuhan tidak ada hubungannya dengan itu - ini semua tentang keinginan. Apakah ia menginginkan sensasi dan respon penonton yang penuh semangat yang akan datang dari mengalahkan Benavidez atau Morrell? Para petinju bertarung, itulah mengapa mereka menjadi diri mereka sendiri. Saya menduga ia tidak akan meninggalkan tinju setidaknya satu pertandingan besar lagi, dan itu tidak menggambarkan Berlanga kecuali jika ia menjadi tipe Foreman-Lyle, pertarungan yang berlarut-larut. Kita lihat saja nanti.”

Canelo telah menerima banyak kritik karena 'merunduk' pada para petinju, namun mereka yang mengenalnya tidak mempertanyakan hati, kemampuan atau niatnya. Mereka juga berpikir bahwa ia tidak memiliki apa-apa lagi untuk dibuktikan, meskipun Berlanga masih jauh dari malam terakhir dalam karirnya yang gemilang.

Fischer juga tidak yakin Canelo perlu melakukan lebih banyak hal di kelas 79,3 kg, namun ia tidak akan menempatkan Canelo untuk menjadi lebih hebat dari petinju Meksiko itu sekali lagi dan setuju dengan Lampley bahwa kita masih dapat melihat apa yang disebut oleh Lampley sebagai “satu lagi pertandingan penuh semangat raksasa.”

''Saya tidak akan mengesampingkan dia untuk melakukan pertandingan ulang dengan Dmitry Bivol jika Bivol mengalahkan Artur Beterbiev pada bulan Oktober,” kata Fischer. ''Dan saya tidak akan terkejut jika ia menantang Beterbiev jika King Artur menang dan menjadi juara tak terbantahkan.”

Sulit untuk mengatakan dengan tepat kapan tepatnya Canelo menjadi bangsawan tinju seperti sekarang ini, namun sebuah kemenangan seperti itu, di atas kelas 79,3 kg, hanya akan mengukuhkan statusnya sebagai bintang yang paling bersinar dalam olahraga ini.

Topik Menarik