Jawaban Menohok PSSI soal Tuduhan Pemain Keturunan Punya 2 Paspor: Isu Gak Jelas!

Jawaban Menohok PSSI soal Tuduhan Pemain Keturunan Punya 2 Paspor: Isu Gak Jelas!

Olahraga | inews | Kamis, 12 September 2024 - 19:27
share

JAKARTA, iNews.id- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga angkat bicara soal tuduhan pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia punya dua paspor. Arya memastikan para pemain keturunan itu sudah berpaspor Warga Negara Indonesia (WNI).

Belakangan ini muncul isu dua paspor yang dimiliki oleh pemain keturunan Timnas Indonesia. Para pemain keturunan itu disebut-sebut bisa membuang status WNI mereka jika tugas membela Timnas Indonesia sudah selesai.

Arya mengatakan isu tersebut merupakan kabar yang tidak jelas. Dia menyayangkan isu-isu seperti ini muncul ketika Timnas Indonesia sedang berupaya mendongkrak prestasi di kancah sepak bola internasional.

Ada aja orang yang berusaha untuk menggembosinya gitu dan dengan isu-isu yang kadang-kadang enggak jelas juga gitu ya kok bisa gitu masih seperti itu yang terjadi gitu, kata Arya dikutip dari akun Instagram pribadinya (@arya.m.sinulingga), Kamis (12/9/2024).

Arya kemudian memberikan penjelasan soal status pemain keturunan yang sudah memutuskan untuk membela Timnas Indonesia. Dia memastikan, para pemain tersebut sudah mengikrarkan janji untuk sepenuhnya mengabdi pada Merah-Putih.

Bisa kami jelaskan nih, yang pasti pemain diaspora itu mereka itu punya darah Indonesia bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia orang Maluku atau orang Manado asli. Kok bisa-bisanya mempertanyakan mereka dan kebangsaan mereka, papar Arya.

Mereka udah kita urus sesuai dengan hukum kita mereka mendapatkan warga negara. Kemudian, mereka juga kita bawa nih ke FIFA, pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasinya Indonesia. Ya kan?, tambahnya.

Lebih lanjut, pria kelahiran Kabanjahe itu menegaskan isu dua paspor untuk pemain keturunan Timnas Indonesia tidaklah benar. Menurutnya, tak perlu mempertanyakan status paspor para pemain Timnas Indonesia yang jelas-jelas WNI.

Dan ada tadi nanya-nanya mengenai paspornya. Dan yang pasti, ketika masuk ke Indonesia, dia pakai paspornya Indonesia. Dan ketika keluar dari Indonesia, dia juga pakai paspornya Indonesia. Udah lah. Nggak usah buat kontroversi-kontroversi yang nggak benar gitu, jelasnya.

Timnas Indonesia sendiri saat ini diperkuat banyak pemain keturunan yang baru dinaturalisasi. Diantaranya ada Calvin Verdonk, Ragnar Oratmangoen, dan Jay Idzes. Mereka sukses membawa Skuad Garuda melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Topik Menarik