Hasil PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kandaskan DKI Jakarta, Jawa Tengah Sabet Emas Bulu Tangkis Beregu Putra

Hasil PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kandaskan DKI Jakarta, Jawa Tengah Sabet Emas Bulu Tangkis Beregu Putra

Olahraga | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 17:34
share

Jawa Tengah menambah medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dari cabang olahraga (cabor). Setelah meraih emas di nomor beregu putri, kali ini Jawa Tengah menyabet emas di nomor beregu putra.

Jawa Tengah sukses meraih emas setelah menumbangkan DKI Jakarta dengan skor 3-1. Laga puncak tersebut berlangsung di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024) sore WIB.

Kemenangan Jawa Tengah dibuka oleh Moh Zaki Ubaidillah yang turun sebagai tunggal pertama. Juara Indonesia Masters 2024 Super 100 Pekanbaru itu mengalahkan wakil DKI Jakarta, Dewangga Surya Negara, dengan skor 21-14 dan 21-16.

Pada partai kedua yang memainkan ganda putra, DKI Jakarta berhasil menyamakan kedudukan. Ganda putra Jawa Tengah yakni Michael Owen/Yuke Gamareza Radjasa takluk dari Ali Faathir Rayhan/Wahyu Agung Prasetyo dengan skor 13-21 dan 16-21.

Meskipun begitu, Jawa Tengah kembali unggul pada partai ketiga lewat tunggal putra Richie Duta Richardo. Peraih medali perunggu Asian Junior Championships 2024 itu mengalahkan Rizki Dwi Cahyo dengan skor 21-18 dan 21-13.

Laga sengit kemudian terjadi di partai keempat yang memainkan ganda putra. Jawa Tengah yang menurunkan Emanuel Joseph Surya Hartono/Muh Voyage Afrisal Mahendra mendapat perlawanan ketat dari Calvin Valentino Sifen Tan/Muhammad Hafizh Deedat Baryadi.

Kedua pasangan ngotot untuk memperebutkan kemenangan. Jawa Tengah butuh kemenangan untuk memastikan emas, sedangkan DKI Jakarta untuk memperpanjang napas.

Namun, pada akhirnya kemenangan menjadi milik Jawa Tengah setelah Emanuel/Voyage menang dramatis dengan skor 21-18, 25-27, dan 21-19.

Dengan kedudukan 3-1, Jawa Tengah pun memastikan medali emas di nomor beregu putra. Mereka sukses mengawinkan medali emas cabor bulu tangkis nomor beregu, setelah di beregu putri Jawa Tengah juga meraih emas.

Topik Menarik