20 Tahun Silam Gus Dur Pernah Prediksi Indonesia Lolos Piala Dunia, Akankah 2026 jadi Kenyataan?

20 Tahun Silam Gus Dur Pernah Prediksi Indonesia Lolos Piala Dunia, Akankah 2026 jadi Kenyataan?

Olahraga | tuban.inews.id | Kamis, 12 September 2024 - 08:00
share

JAKARTA, iNewsTuban.id - Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada 20 tahun silam pernah memprediksikan Timnas Indonesia lolos Piala Dunia. Akankah prediksi Gus Dur Indonesia lolos Piala Dunia 2026 jadi kenyataan?

Saat ini, Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah mengemas dua poin hasil imbang melawan Arab Saudi dan terbaru menahan Australia di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jika tren positif itu terus berlanjut, tidak mustahil Indonesia bisa terus melaju hingga lolos ke Piala Dunia 2026 sesuai prediksi Gus Dur.

Ihwal prediksi Gus Dur itu terungkap saat gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman.

Dilansir dari NU Online, Karena dikenal mempunyai daya analisis yang tinggi mengenai pertandingan sepak bola, Gus Dur kerap ditanya mengenai prediksi. Piala Dunia 2006 sudah mencapai beberapa pertandingan penyisihan grup, Gus Dur pun tak luput dari pertanyaan siapa kira-kira yang masuk final.

"Gus, yang masuk final kira-kira siapa ya?" "Ya, pokoknya kalau nggak Argentina, Jerman, Brasil, ya Prancis," jawab Gus Dur.

Namun, Gus Dur pesimis ketika ditanya tentang Timnas Indonesia. "Gus, kira-kira kapan ya Indonesia bisa masuk Piala Dunia?"

Berapa tahun lagi Gus, 20 tahun lagi?" "Ya lama sekali, pokoknya masih lama," terang Gus Dur.

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam, Timnas Indonesia berhasil meraih dua poin dari dua laga awal Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda berhasil menahan imbang Arab Saudi 1-1, dan Australia 0-0.

Dengan dua hasil pertandingan itu, Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup C. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang melawan Bahrain pada 10 Oktober, dan China pada 15 Oktober 2024 mendatang.

Berdasarkan statistik, Skuad Garuda hanya mampu menorehkan 37 persen penguasaan bola, dan hanya bisa melepaskan lima tembakan, dua di antaranya tepat sasaran.

Sebaliknya, Timnas Australia yang bermain ofensif mampu membukukan 19 tembakan dengan lima di antaranya tepat sasaran.

Solidnya pertahanan Timnas Indonesia serta penampilan impresif dari kiper Maarten Paes membuat Australia frustrasi.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold memuji ketangguhan kiper Timnas Indonesia Maarten Paes yang membuat timnya hanya bisa bermain imbang 0-0.

Arnold mengakui para pemainnya sudah bekerja keras untuk membobol gawang Timnas Indonesia. Sayang, upaya tersebut selalu digagalkan tembok pertahanan terakhir Skuad Garuda, Maarten Paes.

Ya, pemain telah berikan effort tinggi dan benar-benar bekerja keras. Mereka bisa ciptakan 5-6 peluang emas, tapi ya kalian bisa lihat, man of the match kali ini dari Indonesia, seperti yang kalian lihat dia menciptakan banyak penyelematan yang bagus, kata Arnold dalam konferensi pers pascalaga, Selasa (10/9/2024).

Maarten Paes memang tampil heroic dalam pertandingan itu. Kiper berusia 26 tahun itu sukses membukukan lima penyelamatan krusial, dan dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam pertandingan tersebut.

Topik Menarik