Rebut Medali Emas Nurul Akmal Pecahkan Rekor PON

Rebut Medali Emas Nurul Akmal Pecahkan Rekor PON

Olahraga | kutaraja.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 19:30
share

Banda Aceh Lifterf internasional asal Aceh, Nurul Akmal kembali membuat kejutan. Tidak hanya berhasil merebut medali emas dengan total angkatan 248 kg, tetapi juga memecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bertanding di Seuramoe Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Aceh, Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Selasa, 10 September 2024, Amelsapaan akrab Nurul Akmalbersaing di kelas +87 kg putri.

Penyulut Api PON di kaldron utama Opening Ceremony PON XXI 2024 ini meraih medali emas keempat bagi Tim Angkat Besi Aceh. Ia juga memecahkan rekor PON pada angkatan clean and jerk dengan total beban 143 kg, mengungguli rekor sebelumnya di angka 142 kg.

Medali perak diraih Jihan Syahrini, atlet dari Jambi, dengan total angkatan 225 kg, dan medali perunggu oleh Rizka Oktaviana dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 219 kg.

Keberhasilan Amel merebut medali emas pada PON 2024 juga menjadi catatan rekor baru. Dia satu-satunya atlet angkat besi putri dari Aceh yang sukses merebut medali emas pada tiga kali PON berturut-turut, kata Effendi Eria, Kepala Pelatih Tim Angkat Besi.

Amel merupakan langganan medali emas sejak PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat, PON XX Tahun 2021 di Papua, dan PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut.

Di arena pertandingan, para pendukung Amel memadati lokasi sembari bersorak-sorai. Gemuruh sorak-sorai semakin menggema ketika Amel dengan sempurna mengangkat beban 143 kg di angkatan clean and jerk. Rekor baru pun tercipta dari Seuramoe PABSI Aceh, Kota Banda Aceh, Ibu Kota Serambi Makkah.

Rekor sebelumnya juga diciptakan oleh Nurul Akmal ketika bertanding di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, pada PON XX Tahun 2021 Papua.

Ketua Umum KONI Aceh, H. Kamaruddin Abu Bakar, atau sering disapa Abu Razak, hadir langsung di arena pertandingan untuk menyemangati Amel, Srikandi Aceh yang telah beberapa kali mengharumkan nama daerah dan negara di berbagai ajang olahraga, baik di level nasional maupun internasional.

Alhamdulillah, hari ini Nurul Akmal kembali memberikan kebanggaan bagi masyarakat Aceh. KONI Aceh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Sumbangsih Nurul Akmal untuk Aceh sungguh tidak dapat dinilai dengan apapun. Kami akan berupaya semaksimal mungkin, baik itu dalam bentuk bonus uang tunai maupun penghargaan lainnya, kata Abu Razak.[]

Topik Menarik