Usai Imbangi Arab Saudi, STY: Timnas Indonesia Bukan yang Dulu Lagi!

Usai Imbangi Arab Saudi, STY: Timnas Indonesia Bukan yang Dulu Lagi!

Olahraga | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 14:11
share

JEDDAH, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) semakin percaya diri usai armadanya menahan imbang Arab Saudi 1-1. Dia menyebut, Tim Garuda kini bukan yang dulu lagi. 

Kejutan ditunjukkan Timnas Indonesia dengan memetik satu poin di laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Main di kandang lawan di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, tim Garuda tampil spartan dan sangat disiplin. 

Bahkan, Tim Garuda berhasil unggul lebih dahulu pada menit ke-19. Gol itu terjadi setelah tembakan Ragnar Oratmangoen berbelok arah mengenai tubuh Sandy Walsh. 

Sayang, Arab Saudi bisa membalasnya pada menit 45+3 lewat sepakan Musab Al Juwayr yang juga berbelok arah mengenai badan Calvin Verdonk. 

Sebenarnya, Arab Saudi mendapatkan peluang membalikkan keadaan saat wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit ke-79 usai Maarten Paes menjatuhkan Feras Al Buraikan di kotak terlarang. Beruntung, eksekusi Salem Al Dawsari bisa diblok oleh Maarten Paes.

Arab Saudi juga mendapat beberapa peluang lainnya. Namun, kecemerlangan Maarten Paes berhasil mengamankan gawang Tim Garuda. Skor 1-1 menutup pertandingan tersebut.

Hasil yang sangat mengejutkan, sebab Timnas Arab Saudi lebih diunggulkan untuk menang ketimbang Timnas Indonesia. Apalagi, mereka diarsiteki pelatih hebat, yakni Roberto Mancini.

Usai laga, STY menaruh respek tinggi kepada Mancini. Juru taktik asal Korea Selatan ini sebenarnya cukup yakin kalau anak asuhnya bisa memberikan perlawanan karena telah mempersiapkannya sangat baik.

“Kami menghormati Roberto Mancini yang memiliki pengalaman besar. Kami berhasil mempersiapkan pemain kami dengan baik sebelum pertandingan, dan saya memiliki kepercayaan tinggi pada pemain kami,” tutur STY, melansir dari Alyaum, Jumat (6/9/2024).

Pelatih berusia 53 tahun itu mengungkapkan, Skuad Garuda saat ini sudah berbeda kualitasnya dengan yang dulu. Sehingga, Timnas Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. 

STY juga menyampaikan tujuan Timnas Indonesia saat ini sangat jelas, yakni terbang tinggi menembus Piala Dunia 2026.

“Timnas Indonesia saat ini bukanlah Indonesia yang dulu, dan kami memiliki tujuan yang jelas dalam turnamen ini, yang ingin saya capai dengan mendorong para pemain,” STY menegaskan. 

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia duduk di posisi empat dengan satu poin. Jepang berada di puncak dengan poin 3, disusul Bahrain dengan poin sama. Sementara Arab Saudi di posisi ketiga dengan poin satu. Sedangkan Australia di posisi lima dan China urutan terakhir.

Modal yang cukup bagus buat menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2024) mendatang. Sementara Socceroos - julukan Timnas Australia - datang dengan modal yang kurang bagus karena kalah 0-1 dari Bahrain.

Topik Menarik