Shin Tae-yong Sebut 1 Dosa Besar Pemain Timnas Indonesia yang Bikin Murka: Saya Usir dari Tim

Shin Tae-yong Sebut 1 Dosa Besar Pemain Timnas Indonesia yang Bikin Murka: Saya Usir dari Tim

Olahraga | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 19:31
share

JAKARTA, iNews.id - Shin Tae-yong menyebut satu dosa besar pemain Timnas Indonesia yang bikin dirinya murka. Juru taktik Korea Selatan itu paling tak suka dibohongi.

Shin Tae-yong menukangi skuad Garuda sejak 2019. Dia sudah banyak menelan asam garam bersama Timnas Indonesia baik di level kelompok umur hingga senior.

Tapi Shin Tae-yong punya prinsip yang tegas. Mantan Pelatih Timnas Korea Selatan itu meminta pasukannya selalu jujur dan disiplin dalam segala hal.

Shin Tae-yong paling benci dibohongi pemainnya. Hal tersebut pernah dia rasakan di Timnas Indonesia dan membuatnya super kecewa.

“Saya sedang sarapan pagi ada pemain yang tak terlihat. Ketika saya bertanya ‘ke mana si pemain?’ ternyata si pemain meninggalkan pemusatan latihan dini hari tadi karena kakeknya meninggal dunia. Dia pergi tanpa memberi tahu pelatih, padahal sedang mengikuti pemusatan latihan,” kata Shin Tae-yong dalam kanal Youtube Jenius Rehabilitas Yoon Cheon-jae, dikutip, Kamis (29/8/2024).

“Ada juga pemain lain bilang kakeknya meninggal dunia. Tapi, dua minggu kemudian kakeknya muncul di lapangan,” ungkapnya.

Shin Tae-yong tak pandang bulu jika ada pemain yang ketahuan berbohong. Dia tak segan mencoret pemain tersebut dari skuad Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 53 tahun itu tak peduli seberapa bagus pemain tersebut. Baginya kebohongan adalah sebuah kesalahan fatal yang tak bisa dimaafkan.

“Saya memutuskan jika ada yang berbohong, mereka langsung keluar dari tim nasional. Sekitar 10 pemain saya usir karena masalah ini,” ujar Shin Tae-yong.

“Langkah yang sangat pedas, tak peduli seberapa bagus pemain itu. Aturan nomor satu, jika berbohong langsung keluar dari tim nasional. Saya mengumumkannya dengan jelas. Saya benci kebohongan. Setelah itu, kebiasaan mulai berubah,” ucapnya.

Perlahan para pemain Timnas Indonesia sudah mulai disiplin di bawah arahan Shin Tae-yong. Seiring dengan hal tersebut kemajuan skuad Garuda pun terlihat.

Timnas Indonesia lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023 dan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemudian Timnas Indonesia U-23 melaju hingga ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan nyaris mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024.

Topik Menarik