Piala Menpora U-14, Wadah Cetak Atlet Sepak Bola Berprestasi di Kancah Internasional

Piala Menpora U-14, Wadah Cetak Atlet Sepak Bola Berprestasi di Kancah Internasional

Olahraga | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 29 Agustus 2024 - 08:00
share

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id – Kejuaraan sepak bola Piala Menpora Cup U-14 tingkat nasional yang digelar di Kota Banjar, Jawa Barat, telah resmi dimulai. 

Turnamen ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana untuk membina dan menyiapkan atlet muda yang berpotensi bersinar di panggung internasional.

Ketua Fossbolindo Junior League, Endang Wahyudin, menyampaikan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh 32 tim sepak bola yang lolos kualifikasi dari 23 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. 

"Tim-tim yang bertanding di turnamen ini merupakan hasil seleksi ketat dari berbagai provinsi. Ada 32 tim yang siap menunjukkan kemampuan terbaiknya," ujar Endang saat ditemui di Lapangan Sepak Bola Raharja, Kota Banjar, pada Rabu (28/8/2024).

Endang, yang akrab disapa Enwa, menjelaskan bahwa turnamen ini dirancang untuk mendukung perkembangan klub-klub dan akademi sepak bola usia dini hingga remaja. 

Kompetisi berjenjang ini diharapkan dapat menjadi ajang seleksi untuk membentuk tim yang akan berlaga di tingkat internasional.

"Piala Menpora seri nasional ini adalah langkah awal. Tim-tim terbaik dari turnamen ini nantinya akan mewakili Fossbolindo di Kejuaraan Internasional U-14 Cup yang akan digelar di Jakarta pada 27 hingga 30 September 2024," jelasnya. 

 

Ia menambahkan bahwa delapan tim terbaik dari turnamen ini juga akan disiapkan untuk mengikuti Indonesia Elite Team FFC Internasional di Kuala Lumpur pada Desember 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, turut memberikan dukungannya terhadap kejuaraan ini. Ia mengapresiasi pelaksanaan Piala Menpora Cup U-14 di wilayahnya, yang menurutnya dapat memberikan dampak positif, baik bagi perkembangan atlet muda maupun bagi masyarakat setempat.

"Ajang seperti ini sangat bermanfaat. Selain menjadi wadah untuk melahirkan atlet muda bertalenta, event-event nasional seperti ini juga memberikan efek ganda yang positif bagi kota dan masyarakat," kata Ida.

 

Topik Menarik