Lifter Rizki Juniansyah Sebut PON Tak Kalah Bergengsi dari Olimpiade

Lifter Rizki Juniansyah Sebut PON Tak Kalah Bergengsi dari Olimpiade

Olahraga | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Lifter Indonesia, Rizki Juniansyah, menyabet medali emas kelas 73kg pada Olimpiade Paris 2024. Kini dia bersiap Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang menurutnya tak kalah bergengsi.

Keberhasilan menyabet medali emas pada kompetisi paling bergengsi di dunia beberapa waktu lalu tak membuat Rizki berpuas diri. Dia memutuskan untuk tetap tampil di PON XXI mendatang mewakili daerah kelahirannya, Banten.

Lifter 21 tahun itu nantinya akan tampil di kelas 81kg, jauh di atas kelas yang diikutinya saat berhasil merebut medali emas Olimpiade Paris 2024, yakni 73kg. Rizki dengan tegas mengatakan keikutsertaannya dalam PON XXI mendatang bukan sebagai bentuk turun kasta meskipun dirinya sukses meraih medali emas di Olimpiade lalu.

"Enggak (turun kasta). Karena menurutku Olimpiade dan PON itu sama, karena Olimpiade itu memang kita buat dunia, tetapi kalau PON itu nomor satunya di Indonesia dan itu sangat-sangat dihargai," ucap Rizki di Jakarta, Senin (26/8/2024).

"PON ini juga adalah kejuaraan tertinggi di Indonesia. Daerah-daerah dan Provinsi lain itu sangat sulit untuk meraih medali emas di PON karena memang di PON ini sangat-sangat ketat dan lawannya itu kalau di dunia kurang lebih sama kaya Olimpiade," tambahnya.

Rizki mengaku medali emas yang diraih saat tampil di kelas 73kg pada Olimpiade Paris 2024 tak membuatnya kehilangan motivasi. Justru, dirinya ingin menambah koleksi medali emas dengan kembali berdiri di podium tertinggi pada PON XXI nanti.

"Motivasinya tetap harus besar juga karena untuk PON ini kita dibutuhkan semua daerah, apalagi Banten, ya. Banten sangat-sangat membutuhkan, apalagi medali emas. Biasanya kalau sudah main di Olimpiade dan dapat medali itu sudah wajib dapatkan emas di PON," jelas pemuda kelahiran Banten itu.

Rizki menyebutkan persaingan di PON juga tak kalah sengit jika dibandingkan Olimpiade. Menurutnya, banyak lifter hebat yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia yang juga siap tampil maksimal pada PON XXI mendatang.

PON XXI Aceh-Sumatera Utara sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 8-20 September 2024 dan akan mempertandingkan 46 cabang olahraga. Rizki Juniansyah akan turun di kelas 81kg dan dirinya mengincar untuk memecahkan rekor di ajang tersebut.

Topik Menarik