Update Ranking BWF: Jonatan Christie Naik, Anthony Ginting dan Gregoria Mariska Turun

Update Ranking BWF: Jonatan Christie Naik, Anthony Ginting dan Gregoria Mariska Turun

Olahraga | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:47
share

UPDATE ranking BWF resmi dirilis. Federasi Bulu Tangkis Dunia itu berpatokan poin yang diraih seusai Japan Open 2024. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil merangsek naik. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung turun.

Jojo sapaan Jonatan mundur dari Japan Open 2024 lantaran menemani sang istri yang akan melahirkan. Meski begitu, pemain kelahiran Jakarta ini tetap mengalami kenaikan peringkat dalam daftar ranking dunia BWF.

Sebelumnya, Jojo berada di posisi kelima, kini dia naik ke peringkat ketiga dunia. Namun begitu, Jojo juga juga tidak akan ambil bagian di ajang yang sedang berlangsung saat ini, yaitu Korea Open 2024.

Berbeda dengan Jojo, Ginting justru turun satu tingkat ke posisi ke-10. Kondisi ini tak lepas dari keputusannya mundur pada babak 32 besar Japan Open 2024 karena mengalami cedera saat menghadapi Yushi Tanaka asal Jepang. Ginting juga absen di Korea Open 2024.

Sementara di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung juga harus turun satu tingkat ke posisi kedelapan. Peraih perunggu Olimpiade Paris 2024 ini juga absen di Japan Open 2024 karena terkena virus cacar air. Dia bahkan juga mundur di ajang Korea Open 2024 yang saat ini sedang berlangsung.

Pada sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih tetap duduk di posisi keenam. Sementara, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana mengalami penurunan peringkat. Seperti diketahui, kedua pasangan ini mengalami perombakan sehingga tak heran jika posisinya saat ini turun.

Penurunan drastis dialami Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Pasangan berjuluk The Daddies ini terjun bebas enam peringkat sehingga saat ini duduk di posisi ke-20 dunia.

Kemudian penurunan juga dialami ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang turun dua strip ke posisi 10 dunia. Apriyani/Fadia memang absen di Japan Open 2024 dan saat ini mereka juga tak ambil bagian pada Korea Open 2024.

Lalu ganda putri lainnya, yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga mengalami penurunan peringkat. Ana/Tiwi turun lima tingkat ke posisi 18 dunia dengan mengemas 54.074 poin.

Situasi serupa juga terjadi pada sektor ganda campuran. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari turun ke posisi 17, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja ke posisi 19, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati turutn ke urutan 21 dunia.

Topik Menarik