Dua Klub Indonesia Beraksi dalam Turnamen di Malaysia

Dua Klub Indonesia Beraksi dalam Turnamen di Malaysia

Olahraga | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 22:10
share

JAKARTA, iNews.id - Dua klub Indonesia, yaitu Persib Cimahi A dan Jakarta Academy Soccer bakal unjuk kualitas dalam turnamen di Malaysia, awal 2025 mendatang. Ini merupakan hadiah usai menjuarai Mustika Java International Cup 2024.

Persib Cimahi A menjadi juara kategori U-12, sedangkan Jakarta Academy Soccer kategori U-14. Turnamen usia muda itu berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, pada 24-25 Agustus 2024.

Pelatih Akademi Persib Cimahi A Herrie Setyawan mengapresiasi gelaran turnamen usia muda itu. Menurut dia, ajang ini bagus untuk mencari bibit-bibit muda potensial di masa depan.

Mustika Java International Cup 2024 digelar lewat kolaborasi Java Soccer Academy, PT Mustika Eka Unggul, operator kompetisi sepak bola terbesar di Malaysia, Maxim Event, dan Bank Mandiri. Ajang itu ada dua kategori, yakni Sekolah Sepak Bola (SSB) U-14 dan U-16 serta Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan format 7 vs 7.

"Persaingan tentunya sangat ketat. Tapi Alhamdulilah dengan ajang seperti ini ke depan bisa lebih baik lagi. Ini ajang untuk para pemain muda, agar ke depan akan lahir bibit-bibit dari turnamen ini," ucap Herrie Setyawan dalam keterangannya, Minggu (25/8/2024).

Dia mengatakan timnya dapat memberikan hasil terbaik dalam ajang yang akan diikuti tim Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Sri Lanka, India, dan Pakistan itu. Mereka berambisi mengharumkan nama Indonesia dalam ajang internasional.

"Karena kita akan bertanggung jawab membawa nama Indonesia di sana, kita harus persiapan semaksimal mungkin. Insya Allah bisa juara," ujarnya.

Pembina Java Soccer Academy sekaligus CEO PT Mustika Eka Unggul, Reza Eka Pahlevi mengaku sangat senang dapat mengirim dua wakil Indonesia ke Malaysia, sedangkan juara kategori SMA berhak mendapat hadiah piala dan uang Rp10 juta. Dia meminta wakil Indonesia akan unjuk kualitas dalam ajang di Malaysia, nanti.

"Saya ingin menyampaikan tolong dimanfaatkan kesempatan yang ada. Semoga bisa ada banyak manfaat ke depan untuk mereka, jangan sia-siakan dan harus pantang menyerah, sukses. Saya inginnya tim yang berangkat ke Malaysia bisa menjadi juara," ucapnya.

Ketua Pelaksana Mustika Java International Cup 2024 Eric Budi Santoso berterima kasih kepada semua pihak yang terus dukung pembinaan pesepak bola usia dini di Indonesia. Dia berharap ada pemain jebolan turnamen ini dapat menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa depan.

"Alhamdulilah hari ini berjalan lancar, luar biasa anak-anak. ini juga pesan dari coach Indra Sjafri, mudah-mudahan ke depan anak-anak bisa menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia," katanya.

Daftar Peraih Penghargaan Mustika Java International Cup 2024

Kategori SSB U-12
Juara 1: Persib Cimahi A
Juara 2: Persib Cimahi B
Juara 3: Bandung Legend
Juara4: Anaksini M Socccer

Kategori SSB U-14
Juara 1: Jakarta Academy Soccer
Juara 2: Imran Soccer Academy
Juara 3: Java Soccer
Juara 4: MIFA

Kategori SMA U-16
Juara 1: SMA 1 Cipta Cendikia
Juara 2: SMA 2 Gunung Putri Putih
Juara 3: SMA 1 Tarumajaya Bekasi
Juara 4: SMA Negeri 3 Jakarta 

Penghargaan Individu
Best Player U-12: Algi (Persib Cimahi A)
Best Player U-14: Arya Duta Darmawa (Jakarta Academy Soccer)
Best Player U-16: Ahmad Radan (SMA 1 Cipta Cendikia)
Best Goalkeeper U-12: Argani (Bandung Legend)
Best Goalkeeper U-14: Husein (Java Soccer)
Best Goalkeeper U-16: Erlan Panca (SMA 1 Taruna Jaya Bekasi 
Best Supporter: Bandung Legend

Topik Menarik