Sering Dikritik Bung Towel, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan

Sering Dikritik Bung Towel, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan

Olahraga | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:43
share

SEOUL, iNews.id Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY), memberi respons mengejutkan setelah sering dikritik bung Tommy Welly (Towel).

STY terbilang sukses mendongkrak performa Timnas Indonesia. Tahun ini, pelatih asal Korea Selatan itu sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-23 finis di peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Selain itu, STY juga berhasil mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Prestasi itu menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah-Putih di turnamen sepak bola terakbar antar negara Benua Kuning itu.

Bukan itu saja, mantan arsitek Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 itu juga sukses menjadikan Indonesia satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski begitu, tak sedikit orang yang tetap mengkritik, bahkan menghujat STY. Salah satunya yang paling vokal adalah bung Towel.

Mendapat berbagai kritik tersebut, STY justru memberi respons mengejutkan. Dia justru senang mendapat kritikan. Sebab menurutnya, sepak bola Indonesia justru butuh orang-orang seperti itu untuk berkembang.

"Saya tahu itu, penerjemah Bahasa Indonesia melaporkannya dan karena mereka melaporkannya saya jadi mengetahui itu. Tetapi saya berpikir orang-orang seperti itu juga harus ada agar sepak bola bisa berkembang," kata STY dalam interview di kanal Youtube, KBS World Indonesian, Sabtu (17/8/2024).

Tidak semua orang akan menyukai saya 100 persen di kelompok mana pun, jika saya mendapat dukungan 100 persen saya sendiri bisa menjadi otoriter, ucapnya.

Kendati demikian, STY tak memungkiri bahwa dirinya terkadang kerap naik darah jika mendapat kritikan. Pasalnya, dia merasa sudah bekerja keras semaksimal mungkin tetapi malah dikomentari dengan buruk.

"Saya pikir tidak apa-apa mereka mengkritik dengan bebas, tetapi kadang-kadang saya marah juga. Kadang-kadang dalam hati saya, saya sudah bekerja keras dan melakukan yang terbaik, tapi dia masih mengatakan hal-hal yang tak berguna. Tetapi saya tidak terlalu memikirkannya," ujar pelatih berusia 53 tahun itu.

Dalam waktu dekat, STY akan menemani Timnas Indonesia berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada 6 September, Marselino Ferdinan dan kolega akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 6 September dan pada 10 September mereka menyambangi kandang Australia.

Topik Menarik