Franco Morbidelli Resmi Gabung Tim Milik Valentino Rossi di MotoGP 2025

Franco Morbidelli Resmi Gabung Tim Milik Valentino Rossi di MotoGP 2025

Olahraga | sindonews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 19:09
share

Penantian panjang tentang masa depan Franco Morbidelli akhirnya terjawab sudah. Pasca sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Austria, tim Enduro VR46 Ducati mengumumkan perekrutan Franco Morbidelli, Jumat (16/8/2024).

Morbidelli, yang saat ini membela tim Pramac Ducati, bakal bergabung dengan tim milik Valentino Rossi, pada MotoGP 2025 mendatang. Dengan begitu, dia seakan pulang ke rumahnya karena dirinya merupakan pembalap jebolan VR46 Academy.

"Franco Morbidelli bergabung dengan Pertamina Enduro VR46 Racing Team pada 2025," tulis pernyataan resmi MotoGP di Instagram resminya, @motogp.

Belum diketahui, berapa kontrak yang diberikan oleh VR46 kepada pembalap asal Italia itu. Namun setidaknya, dia akan tetap tampil di ajang MotoGP pada 2025 mendatang.

Franky -sapaan Morbidelli- bakal berduet dengan Fabio Di Giannantonio di VR46 musim depan. Di Giannantonio belum lama ini juga diumumkan memperpanjang kontraknya selama dua tahun dan akan mengendarai motor spek teranyar dari Ducati.

Kondisi itu membuat Morbidelli bakal tetap mengendarai motor dengan spek lama Ducati tahun depan yakni Desmosedici GP24. Sedangkan rekan setimnya itu menunggangi GP25.

VR46 menjadi tim keempat yang dibela oleh Morbidelli di ajang MotoGP sejak memulai kariernya di kelas utama pada 2018 silam. Sebelumnya, pada musim debutnya dia berada di tim EG 0,0 Marc VDS Honda.

Semusim setelahnya, Morbidelli hengkang ke Petronas Yamaha SRT hingga pertengahan musim 2021. Setelah itu, dia dipromosikan ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha, tetapi kariernya kurang cemerlang di sana.

Setelah 2,5 musim bersama tim pabrikan Iwata, Morbidelli cabut pada akhir musim 2023. Kemudian dia pindah ke tim Pramac Ducati di MotoGP 2024 di mana sejauh ini dia telah mengemas 61 poin dan duduk di posisi 11.

Topik Menarik