Daftar Pemain yang Diblacklist Shin Tae-yong dari Pemanggilan ke Timnas Indonesia

Daftar Pemain yang Diblacklist Shin Tae-yong dari Pemanggilan ke Timnas Indonesia

Olahraga | semarang.inews.id | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 09:10
share

JAKARTA , iNewsSemarang.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diduga mengenakan blacklist kepada sejumlah pemain dari pemanggilan ke Timnas Indonesia. Pasalnya, pemain-pemain di bawah ini sudah tak pernah lagi tampil bersama skuad Garuda usai melakukan aksi yang dianggap kurang menyenangkan.

Padahal, beberapa dari mereka masih tampil brilian bersama klub masing-masing. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut daftar pemain Timnas Indonesia yang diduga kena blacklist Shin Tae-yong dari pemanggilan ke Timnas Indonesia:

6. Rifad Marasabessy

Rifad Marasabessy dipanggil Shin Tae-yong untuk laga melawan Taiwan di playoff Piala Asia 2023 pada September 2021. Namun, pemain yang kala itu berseragam Borneo FC ini datang terlambat ke pemusatan latihan. Alhasil, Shin Tae-yong langsung memulangkan pemain berposisi fullback kanan itu dan tak pernah memanggilnya lagi ke Timnas Indonesia.

"Rifad datang melebihi waktu yang telah ditentukan untuk berkumpul di hotel. Ia tidak memberitahu saya alasan keterlambatannya. Karena itu, saya mengeluarkannya dari pemusatan latihan," tegas Shin Tae-yong, Okezone mengutip dari laman resmi PSSI.

5. Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Namun, hingga batas waktu yang sudah ditentukan, winger Persipura Jayapura ini tak kunjung datang ke pemusatan latihan. Sejak saat itu, Shin Tae-yong tak lagi menyertakan winger lincah itu ke Timnas Indonesia asuhannya.

"Rumakiek tidak bisa main di SEA Games. Kami sudah melayangkan surat pemanggilan, dia tidak respons sama sekali, jadi saya harus berikan sanksi kepada Rumakiek," ujar Shin Tae-yong, Okezone mengutip dari laman PSSI.

4. Nurhidayat Haji Harris

Nurhidayat Haji Harris membuang kesempatan membela Timnas Indonesia. Ia melakukan aksi indispliner saat Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arab pada Juni 2021, tatkala skuad Garuda bersiap melakoni tiga laga pamungkas di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

"Kami berharap dia (Nurhidayat) bisa mengubah mentalitasnya. Nurhidayat masih muda dan mempunyai prospek ke depan," tegas asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, pada 2 Juni 2021.

3. Osvaldo Haay

Seperti Rifad, Osvaldo Haay juga mangkir dari panggilan Shin Tae-yong untuk laga melawan Taiwan. Apes bagi Osvaldo Haay, eks penyerang Persija Jakarta ini tak pernah lagi dipanggil Shin Tae-yong setelah aksi indisiplinernya tersebut.

"Saya tidak memanggil lagi Osvaldo karena dia tidak mau bergabung saat pemusatan latihan yang dimulai tanggal 19 September lalu. Dia bilang sakit, namun tidak ada pemberitahuan ke saya. Pemain harus memiliki tanggung jawab dan disiplin tinggi. Apalagi ini pemanggilan Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong.

2. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani dicoret Shin Tae-yong beberapa hari jelang kick off Piala Asia 2023. Setelah dicoret, Saddil Ramdani membuat unggahan di stories di Instagram yang bikin heboh.

Jangan pernah menyerah, bekerjalah di mana Anda dihormati. Ingat hukum alam tetap berlaku, tulis Saddil Ramdani dalam postingannya di instagram saat itu, @saddilramdanii, Jumat 12 Januari 2024.

Setelah unggahan itu, Saddil Ramdani tak pernah lagi dipanggil Timnas Indonesia. Padahal, Timnas Indonesia melakoni masing-masing dua pertandingan pada Maret dan Juni 2024.

1. Elkan Baggott

Terakhir ada Elkan Baggott. Setelah menolak memperkuat Timnas Indonesia U-23 di playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea U-23 pada 9 Mei 2024, Elkan Baggott tak lagi dipanggil Shin Tae-yong.

Ia tak disertakan saat Timnas Indonesia menghadapi Irak dan Filipina pada Juni 2024. Kabarnya pada September 2024, Shin Tae-yong juga tak menyertakan bek 196 sentimeter ini.

"Elkan belum masuk dalam daftar pemanggilan pemain," kata Ketua Badan Tim Nasional Sumardji kepada MNC Portal Indonesia, Kamis 15 Agustus 2024. (Arni Sulistiyowati)

Topik Menarik