Fajar/Rian Curi Ilmu Duo Taiwan Lee/Wang yang Raih Emas 2 Olimpiade Beruntun

Fajar/Rian Curi Ilmu Duo Taiwan Lee/Wang yang Raih Emas 2 Olimpiade Beruntun

Olahraga | inews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 22:08
share

JAKARTA, iNews.id Ganda putra bulu tangkis Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mencuri ilmu dari duo Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin yang meraih emas Olimpiade Paris 2024. Mereka mengaku ingin memiliki mental pantang menyerah dan bermain lepas.

Lee/Wang sukses menjadi sorotan di Olimpiade 2024. Pasalnya, mereka berhasil menjadi juara meski tampil kurang konsisten selama beberapa tahun terakhir.

Hasil tersebut pun membuat Lee/Wang menyabet medali emas secara berturut-turut setelah sebelumnya juga menjadi yang terbaik di Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Padahal, mereka hanya sekali juara di ajang BWF World Tour yakni pada pagelaran Japan Open 2023 setelah juara di Olimpiade pada 2021 lalu.

Oleh karena itu, Fajar/Rian cukup terkejut melihat Lee/Wang mampu juara di Olimpiade 2024. Mereka pun terpukau dengan kekuatan mental luar biasa yang dimiliki duet nomor sembilan dunia tersebut.

Dibilang mengejutkan pasti sedikit mengejutkan ya kalau menurut saya karena di World Tour juga mereka dalam 3 tahun hanya juara di Jepang Open tahun lalu. Mereka juga kurang konsisten di pertandingan World Tour dan World Tour Final juga, kata Fajar saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Tapi melihat mereka main di Olimpiade kemarin dari babak pertama penyisihan sampai akhir itu benar-benar konsisten. Saya juga salut sama mereka dan mental mereka yang sangat luar biasa, tambahnya.

Lebih lanjut, Fajri -sebutan Fajar/Rian juga memetik pelajaran penting dari kejutan yang dibuat Lee/Wang di Olimpiade 2024. Mereka juga ingin memiliki mental baja seperti mereka sehingga bisa tetap tampil lepas dan mengeluarkan permainan terbaik mereka meski bermain di pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Pembelajaran kalau dilihat dari penampilan mereka khususnya di setiap Olimpiade itu fokus dan mentalnya yang luar biasa ya. Jadi di dalam lapangan mereka tidak ada rasa gugup sama sekali kalau saya lihat ya karena mungkin juga mereka tidak ekspetasi di Olimpiade tahun ini dan mereka bermain sangat lepas sekali ya, jelas Fajar.

Mungkin untuk kedepannya saya juga harus mempunyai mental seperti itu yang terus pantang menyerah dan bermain nothing to lose biar semua kemampuannya juga keluar, ucapnya.

Fajar/Rian hanya mampu mencapai babak perempat final dalam debut mereka di Olimpiade Paris 2024. Mereka dikalahkan unggulan pertama asal China, Liang Weng Keng/Wang Chang, dengan skor 22-24 dan 20-22.

Liang/Wang sendiri pada akhirnya ditumbangkan oleh Lee/Wang di partai puncak dengan skor 21-17, 18-21 dan 19-21. Setelah juara, Lee Yang pun memutuskan untuk pensiun sehingga Wang Chi Lin melanjutkan kariernya dengan pasangan barunya yakni Hsiang Chieh Chiu.

Wang/Hsiang pun bakal bersua dengan Fajar/Rian di babak 32 besar Japan Open 2024. Turnamen Super 750 itu dijadwalkan digelar pada 20-25 Agustus mendatang.

Topik Menarik