Dibantai AS Monaco, Rekor Barcelona di Trofi Joan Gamper Terhenti

Dibantai AS Monaco, Rekor Barcelona di Trofi Joan Gamper Terhenti

Olahraga | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 05:51
share

BARCELONA, iNews.id Rekor kemenangan Barcelona dalam 12 edisi Trofi Joan Gamper terhenti usai dibantai AS Monaco di Estadi Olmpic Lluis Companys, Barcelona, Spanyol, Selasa (13/8/2024) dini hari WIB.

Pada laga itu, Allenatore anyar Barcelona, Hansi Flick memulai debut kandangnya. Pertandingan itu juga menjadi perkenalan Marc Andre Ter Stegen sebagai kapten baru tim.

Sang pelatih anyar memulai dengan Jules Kounde, Andreas Christensen, Inigo Martinez dan Alejandro Balde di pertahanan, lini tengah terdiri dari Marc Bernal, Marc Casado dan Pablo Torre, dan lini depan diisi Raphinha, pemain baru Pau Vctor dan Robert Lewandowski. Nama-nama seperti Lamine Yamal, Ilkay Gundogan, dan Ferran Torres dicadangkan.

Dengan formasi tersebut, Barcelona sebetulnya mampu menguasai permainan. Bahkan, trisula mereka bisa saja mencetak gol. Namun, Pau Victor gagal memanfaatkan peluang emas di menit pertama, Lewandowski juga hampir mencetak gol, dan Raphinha berhasil mencetak gol tetapi dinyatakan offside. Alhasil, babak pertama terasa hambar tanpa gol.

Di babak kedua pertandingan malah jadi lebih hidup. Namun, justru tim tamu yang mampu memanfaatkan peluang. Sementara tuan rumah tetap buntu.

Monaco membuka gol lewat Lamine Camara pada menit ke-50 usai memaksimalkan kesalahan umpan Bernal kepada Inigo Martinez.

Tujuh menit kemudian, hegemoni Monaco makin terasa dengan Breel Embolo mencetak gol kedua ke gawang Barcelona usai melewati Ter Stegen. Striker Timnas Swiss itu tampak sedikit offside saat menerima bola, tetapi tanpa VAR dalam pertandingan ini, gol tersebut disahkan.

Ilkay Gundogan dan Sergi Domnguez adalah satu-satunya pergantian pemain di babak pertama, meskipun yang terakhir mengalami benturan keras dan hanya bermain selama seperempat jam.

Hector Fort, Ferran Torres, Gerard Martn, dan Lamine Yamal menjadi pemain berikutnya, dengan sorak sorai terbesar malam itu ditujukan kepada yang terakhir.

Di Gamper tahun lalu, remaja 17 tahun itu pertama kali mulai dikenal, dan dia juga cepat memberi pengaruh pada pertandingan ini, mengumpan bola indah ke Pau Victor, tetapi sang penyerang gagal menyelesaikannya.

Barcelona tetap belum mampu cetak gol. Justru Monaco yang kembali bersorak menyambut gol ketiga dari pemain pengganti Christian Mawissa (86).

Skor 3-0 membuat Monaco menjadi tim pertama yang memenangkan Trofi Joan Gamper sejak terakhir Sampdoria melakukannya pada edisi 2012. Dan, 0-3 menjadi kekalahan terbesar Barca dalam ajang tersebut sejak FC Cologne menang 4-0 pada tahun 1981.

Topik Menarik