32 Tim Berlaga di Lomba Dayung Piala Bupati Gresik 2024, Memperebutkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

32 Tim Berlaga di Lomba Dayung Piala Bupati Gresik 2024, Memperebutkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Olahraga | gresik.inews.id | Senin, 12 Agustus 2024 - 09:00
share

iNewsGresik.id - Sebanyak 32 tim dari Gresik, Sidoarjo dan Lamongan berlaga di Lomba Perahu Dayung Piala Bupati Gresik 2024 di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Minggu sore, (11/8/2024).

Sebanyak 32 tim yang berlaga dalam lomba ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari kelompok masyarakat lokal, karang taruna, dan klub olahraga. Mereka akan bersaing memperebutkan hadiah total sebesar Rp 30 juta.

Turnamen untuk merayakan hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia ini, sekaligus menjadi ajang mencari bibit atlet dayung berbakat, membangkitkan sektor UMKM, dan mempromosikan wisata petik melon Green house di Desa Gredek.

"Momen ini sangat penting, untuk ajang pencarian bibit atlet dayung berbakat, membangkitkan sektor UMKM, dan mempromosikan wisata petik melon Green house," ujar Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat membuka gelaran lomba dayung, Sabtu (10/8/2024).

Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani menambahkan lomba dayung ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga merupakan bentuk perayaan semangat nasionalisme dan persatuan.

"Ini adalah kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi antar tim serta mempromosikan potensi wisata di desa Gredek," ungkapnya.

Kepala Desa Gredek, Bahrul Ghofar, menjelaskan lomba perahu dayung di desanya merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk merayakan HUT kemerdakaan bangsa Indonesia. Lomba dayung ini, merupakan ketiga kalinya.

Tujuan untuk menjalin silaturahmi dengan desa-desa di Kecamatan Duduksampeyan pada khususnya dan Kabupaten Gresik pada umumnya. Dan tahun ini terasa istimewa dengan kehadiran peserta dari luar Gresik, yakni dari Lamongan dan Sidoarjo, jelas Ghofar.

Ghofar menambahkan lomba dayung, tidak sekedar untuk memupuk rasa nasionalisme bagi generasi muda, tetapi juga mencari bibit atlet dayung berbajat. "Salah satu cara tersebut yakni melalui momentum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tandasnya.

Masih kata Ghofar, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, di antaranya Pemkab Gresik, anggota DPR RI terpilih, Nila Yani , Petrokimia Gresik, PT Sumber Payung Mas, Perumda Giri Tirta, Kadin, Apindo dan PT Asuka.

Dukungan tersebut sebagai apresiasi kepada seluruh peserta yang berpartisipasi dalam lomba perahu dayung di Desa Gredek, ucap Ghofar.

Di tempat yang sama, Camat Duduksampeyan Dedy Hartadi, mengapresiasi terselenggaranya lomba perahu dayung Piala Bupati Gresik 2024. Menurutnya sukses penyelenggaraan lomba perahu dayung berkat kekompakan antara pemerintahan desa dengan karang taruna dan tokoh masyarakat Desa Gredek.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar peserta dan untuk mencari bibit atlet dayung potensial, kegiatan ini juga sangat bagus untuk membangkitkan UMKM serta mempromosikan wisata petik melon green house di Desa Gredek, ujar Dedy Hartadi.

Sebagai informasi, lomba perahu dayung Piala Bupati Gresik 2024 ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp30 juta. Adapun rincian hadianya adalah Juara I Rp15 juta, Juara II Rp10 juta dan Juara III Rp5 juta.

Topik Menarik