11 Petinju Juara Dunia 4 Divisi dalam 3 Dekade Terakhir, Ada Monster KO

11 Petinju Juara Dunia 4 Divisi dalam 3 Dekade Terakhir, Ada Monster KO

Olahraga | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 10:30
share

Inilah 11 petinju juara dunia 4 divisi dalam tiga dekade terakhir, dari Adrien Boner, Naoya Inoue hingga yang terbaru, Terence Crawford. Terence ''Bud'' Crawford menahbiskan diri sebagai petinju juara dunia empat divisi yang ke-11 setelah merampas sabuk juara kelas welter super WBA milik Israil Madrimov lewat kemenangan angka pada akhir pekan lalu.

Terence Crawford melengkapi sabuk juara sebelumnya di kelas ringan 61,2 kg, ringan super 63,5 kg dan welter 66,6 kg. Terence Crawford bergabung dengan petinju legendaris dunia lainnya yang menjadi juara dunia empat divisi berbeda dalam tiga dekade terakhir.

Crawford juga menegaskan dirinya sebagai raja pound-for-pound atau petinju P4P terbaik di dunia. Berikut daftar petinju juara dunia 4 divisi dalam tiga dekade terakhir.

1. Adrien Broner Adrien Broner menjadi pemegang gelar empat divisi pada tahun 2015 ketika ia memenangkan sabuk kelas ringan super yang kosong melawan Khabib Allakhverdiev. Broner memenangkan gelar kelas ringan junior (bulu super), kelas ringan, kelas welter junior (ringan super) dan kelas welter. Broner meraih prestasi tersebut dalam kurun waktu empat tahun (2011-2015) dan, pada usia 35 tahun, masih aktif dengan berat badan 66,6 kilogram.

2. Miguel Cotto Petinju asal Puerto Rico ini, yang menjadi petinju profesional pada tahun 2001, merebut gelar juara dunia di empat divisi pada tahun 2014, pada usia 33 tahun. Cotto memenangkan gelar kelas welter junior, kelas welter, kelas menengah junior (welter super) dan kelas menengah lineal selama 16 tahun kariernya.

Cotto yang sudah pensiun - yang dianggap sebagai salah satu petinju terhebat dalam sejarah tinju Puerto Rico yang kaya - pernah menghadapi para petinju terbaik di eranya, termasuk Manny Pacquiao, Floyd Mayweather Jr, Saul "Canelo" Alvarez, dan Antonio Margarito.

3. Nonito Donaire Dari negara yang juga menghasilkan Manny Pacquiao, Ceferino Garcia dan Pancho Villa, Donaire adalah salah satu petinju terbaik Filipina. Antara tahun 2007 dan 2014, "Filipino Flash" memenangkan setidaknya satu gelar di kelas terbang, kelas bantam, kelas bulu junior (termasuk gelar lineal) dan kelas bulu.

Dalam periode ini, Donaire melawan para pemegang gelar lainnya seperti Guillermo Rigondeaux, Naoya Inoue, Carl Frampton dan Jessie Magdaleno. Pada usia 41 tahun dan setelah kekalahan dalam dua pertarungan terakhirnya, Donaire mempertimbangkan untuk pensiun.

4. Roman Gonzalez Setelah mencapai tingkat kemahiran yang tinggi dalam kariernya selama 19 tahun, "Chocolatito" Gonzalez hanya dapat ditantang untuk meraih supremasi di antara para petarung Nikaragua oleh mantan juara tiga divisi, Alexis Arguello. Gonzalez, 37 tahun, baru saja kembali ke jalur kemenangannya bulan lalu, setelah kehilangan gelar divisi bantam junior (terbang super) miliknya dari Juan Francisco Estrada pada bulan Desember 2022.

Gonzalez, yang menjadi petinju profesional pada bulan Juli 2005, telah memegang sabuk juara di kelas minimum, kelas terbang ringan, kelas terbang dan kelas bantam junior. Ia adalah petinju pertama dari Nikaragua yang memenangkan gelar di empat divisi, bahkan melebihi idolanya, Arguello.

5. Juan Manuel Marquez

Anda tidak dapat berbicara tentang petinju Meksiko terbaik dalam beberapa tahun terakhir tanpa menyebut nama Marquez. Ia mewakili perpaduan sempurna antara kemampuan teknis, kecerdasan di atas ring dan gaya bertarung keras khas negara asalnya.

Antara tahun 2003 dan 2012, Marquez memenangkan gelar kelas bulu, kelas ringan junior, kelas ringan (termasuk lineal) dan kelas welter junior. Kini berusia 50 tahun, Marquez terakhir kali bertarung 10 tahun yang lalu, saat ia meraih kemenangan angka mutlak 12 ronde atas Mike Alvarado.

Terkenal karena pernah bertarung melawan juara delapan divisi Pacquiao dalam empat kesempatan berbeda, Marquez juga pernah bertarung melawan orang-orang seperti Mayweather, Marco Antonio Barrera, Joel Casamayor, Timothy Bradley Jr. dan Orlando Salido.

6. Roy Jones Jr.

Baru saja memenangkan medali perak di Olimpiade Seoul, Jones, dari Pensacola, Florida, menjadi petinju profesional pada tahun 1989 dan telah bertarung - dalam berbagai bentuk dan gaya - hampir sejak saat itu. Baru-baru ini, pada bulan April 2023, pada usia 53 tahun, Jones kalah angka mutlak melawan atlet bela diri campuran berusia 36 tahun, Anthony Pettis, dalam debut tinjunya. Jones, pemegang gelar juara dunia enam kali di empat kelas berbeda, meraih sabuk juara di kelas menengah, kelas menengah super, kelas berat ringan, dan kelas berat antara tahun 1993 dan 2003.

7. Naoya Inoue

Setelah mengalahkan lawan-lawan elite seperti Nonito Doniare, Stephen Fulton, Marlon Tapales dan Luis Nery, "The Monster" saat ini memerintah sebagai juara kelas bulu junior (bantam super) yang tak terbantahkan dan salah satu petinju pound-for-pound terbaik dalam dunia tinju.

Monster KO Naoya Inoue yang berasal dari Jepang (27-0, 25 KO) telah memegang gelar juara kelas terbang ringan, kelas bantam junior, kelas bantam dan kelas bulu junior - dua gelar terakhir yang diraihnya untuk merebut status tak terbantahkan. Inoue dijadwalkan untuk mempertaruhkan seluruh gelarnya di kelas 55,3 kg melawan TJ Doheny bulan depan di Tokyo.

8. Oscar De La Hoya

De La Hoya mengumumkan dirinya kepada dunia pada tahun 1992, pertama kali di Barcelona Games dan kemudian sebagai petinju profesional. Dia membuat sejarah, pada usia 24 tahun, dengan menjadi petarung termuda yang memenangkan gelar juara dunia di empat divisi berbeda.

De La Hoya memenangkan gelar pertamanya pada tahun 1994 ketika ia memenangkan sabuk kelas ringan junior. Pada tahun 1997, ia menambahkan gelar kelas ringan, kelas welter junior (termasuk kelas menengah) dan kelas welter.

Pria asal Los Angeles ini mengakhiri karirnya sebagai juara enam divisi setelah memenangkan gelar lineal di kelas menengah junior dan menengah. De La Hoya menghadapi sesama pemegang gelar juara dunia berbagai divisi seperti Julio Cesar Chavez (dua kali), Pernell Whitaker, Shane Mosley (dua kali), Pacquiao dan Mayweather, kalah dari tiga nama terakhir di tahap akhir, tahap penurunan dalam karirnya.

9. Manny Pacquiao

Petinju kebanggaan Filipina, Pacquiao, adalah satu-satunya petinju dalam sejarah yang memenangkan gelar juara dunia di delapan divisi berbeda. Dengan berat badan antara 112 hingga 154 pon, "PacMan" mendominasi kelas-kelas berat badan di kelas terbang, kelas bulu junior, kelas bulu, kelas ringan junior, kelas ringan, kelas welter junior, kelas welter, dan kelas menengah junior.

Dia meraih rekor luar biasa antara tahun 1998 dan 2010, menghadapi perlawanan yang kuat dari petinju-petinju seperti Erik Morales, De La Hoya, Marquez dan Mayweather. Pacquiao, 45 tahun, saat ini sedang mempertimbangkan untuk keluar dari masa pensiunnya untuk menghadapi pemegang gelar kelas welter Mario Barrios.

10. Floyd Mayweather Jr.

Mayweather dikenal sebagai petinju yang mampu mengakhiri kariernya dengan rekor tak terkalahkan (50-0, 27 KO), namun yang membuat pencapaian ini semakin luar biasa adalah bahwa ia melakukannya di berbagai divisi - termasuk lima divisi di mana ia memenangkan gelar juara dunia.

Dengan gelar juara kelas ringan junior, ringan, welter dan menengah junior, ditambah sabuk juara kelas welter junior, yang diraihnya antara tahun 1998 dan 2007, Mayweather tetap menjadi salah satu petinju yang paling banyak meraih gelar dalam sejarah tinju.

Terkadang dikritik karena memilih lawan pada tahap akhir karirnya, Mayweather layak mendapatkan pujian yang luar biasa karena telah menghadapi - dan mengalahkan - lawan-lawan terkuat di eranya, termasuk Pacquiao, De La Hoya, Mosley, Marquez, Cotto, Alvarez, dan Ricky Hatton.

11. Terence Crawford

Terence Crawford menambah gelar juara kelas welter super 69,8 kg untuk melengkapi sabuk juara sebelumnya di kelas ringan 61,2 kg, ringan super 63,5 kg dan welter 66,6 kg. Terence Crawford bergabung dengan petinju legendaris dunia lainnya yang menjadi juara dunia empat divisi berbeda dalam tiga dekade terakhir.

Topik Menarik