Lifter Indonesia Nurul Akmal Kantongi Tiket Olimpiade Paris 2024

Lifter Indonesia Nurul Akmal Kantongi Tiket Olimpiade Paris 2024

Olahraga | inews | Senin, 3 Juni 2024 - 18:53
share

JAKARTA, iNews.id – Lifter putri Indonesia, Nurul Akmal, mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024. Perempuan Aceh itu berhak mendapat tiket olimpiade berdasarkan keputusan International Weightlifting Federation (IWF).

Pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand, April lalu, Amel belum mampu memperbaiki total angkatannya. Dia hanya berhasil pada satu angkatan snatch dengan berat 107 kg dan gagal dalam tiga kesempatan angkatan clean and jerk.

Akan tetapi Amel yang menempati peringkat ke-11 dengan total angkatan 260kg, dinyatakan lolos. Pelatih kepala angkat besi, Dirdja Wihardja meejelaskan bagaimana Amel akhirnya bisa dinyatakan lolos.

“Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota Kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun Benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” papar Dirdja Wihardja dalam keterangan yang diterima iNews.id, Senin (3/6/2024).

Dirdja menambahkan, setelah ini PABSI akan bersurat kepada IWF dengan menyatakan Amel akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Dia pun berharap anak asuhnya ini bisa meraih hasil manis di ajang bergengsi tersebut.

“Kami segera berkirim surat dan ini kesempatan bagi Amel untuk meraih prestasi terbaik di Paris nanti. Terutama dengan memperbaiki angkatannya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI), Hadi Wihardja OLY, mengatakan bahwa Amel setidaknya mampu memperbaiki total angkatannya menjadi 272kg.

“Ia harus bisa menembus total angkatan itu, agar bisa bersaing dengan lawan-lawannya seperti lifter China, Li Wenwen dan lifter Korea Selatan, Hyejeong Park, serta lifter dari benua lainnya,” tutur Hadi Wihardja.

Maka dengan begitu, ada tiga lifter Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Setelah sebelumnya Eko Yuli Irawan dari kelas 61kg dan Rizki Juniansyah pada kelas 73kg sudah mengamankan tiket lebih dulu.

Adapun Olimpiade Paris 2024 merupakan Olimpiade kedua bagi Amel setelah sebelumnya cia tampil juga di Olimpiade Tokyo 2020 silam. Pada Olimpiade Tokyo, Amel tampil di kelas+87kg menempati peringkat kelima.

Topik Menarik