Strategi Krusial Timnas Indonesia U-23, Nathan Ditarik Kebelakang, Ini Prediksi Pemainnya?

Strategi Krusial Timnas Indonesia U-23, Nathan Ditarik Kebelakang, Ini Prediksi Pemainnya?

Olahraga | surabaya.inews.id | Rabu, 8 Mei 2024 - 21:30
share

PARIS, iNewsSurabaya.id Pertandingan menentukan bakal tersaji antara Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Guinea U-23 di playoff Olimpiade Paris 2024. Pertandingan ini sangat tidak menguntungkan Indonesia U-23, sebab Garuda Muda harus kehilangan pemain-pemain kunci.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia U-23 akan menantang Guinea U-23 di playoff Olimpiade Paris 2024 yang dilangsungkan di Clairefontaine, Prancis Kamis, 9 Mei 2024 pukul 20.00 WIB. Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia U-23 tidak diperkuat bek-bek handal.

Timnas Indonesia U-23 belum mendapat kabar baik soal pemanggilan Justin Hubner dan Elkan Baggott. Hal itu disampaikan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto.

Belum ada (perkembangan) mas, kata Nova Arianto selaku tangan kanan Shin Tae-yong, Rabu (8/5/2024).

Jika Elkan Baggott dan Justin Hubner absen, otomatis Timnas Indonesia U-23 hanya memiliki tiga bek tengah murni. Fakta ini membuat Pelatih Indonesia U-23 Shin Tae-yong memutar otak. Ia harus menutupi celah-celah yang bakal dimanfaatkan Guinea U-23.

Pasalnya, sisi belakang otomatis bakal diisi Muhammad Ferarri, Komang Teguh dan pemain yang baru bergabung, Alfeandra Dewangga. Kolaborasi ini bisa dicoba untuk mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 dalam pola 3-4-3 racikan Shin Tae-yong. Selain kolaborasi tiga nama di atas, trio Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga dan Nathan Tjoe-A-On juga dapat diandalkan.

Hanya saja jika trio ini yang dipilih, daya gedor Timnas Indonesia U-23 takkan sekuat biasanya. Pertama, lini tengah Timnas Indonesia U-23 takkan sekuat ketika Nathan Tjoe-A-On beroperasi di area tersebut.

Kedua, jika Nathan Tjoe digeser ke belakang, otomatis Marselino Ferdinan yang bertugas sebagai Gelandang, berduet dengan Ivar Jenner. Namun, masalahnya adalah, tidak ada winger kiri yang kompeten selain Marselino Ferdinan.

Jeam Kelly Sroyer yang dipercaya mentas sebagai starter sebagai winger kiri melawan Australia U-23 dan Irak U-23 tak tampil impresif. Karena itu, kolaborasi Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga dan Komang Teguh lebih mungkin untuk dipilih dalam pola 3-4-3.

Untuk posisi penjaga gawang, Ernando Ari masih jadi andalan. Lanjut ke posisi wing back kanan ada Fajar Fathur dan Pratama Arhan di sisi seberang. Nantinya, duet gelandang ditempati Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On. Terakhir, trio lini depan diisi Witan Sulaeman (winger kanan), Marselino Ferdinan (winger kiri) dan Rafael Struick (penyerang tengah).

Berikut prediksi line up Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 :

(3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Komang Teguh; Fajar Fathur, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Topik Menarik