Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Guinea, Rizky Ridho Absen, Justin Hubner Masih Belum Jelas

Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Guinea, Rizky Ridho Absen, Justin Hubner Masih Belum Jelas

Olahraga | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:35
share

CLAIREFONTAIN, iNews.id Prediksi starting line up Timnas Indonesia U-23 vs Guinea menarik dibahas. Terlebih, Garuda Muda bakal kehilangan Rizky Ridho dan masih belum jelas apakah bisa memainkan Justin Hubner dan Elkan Baggott.

Laga penting Garuda Muda kontra Timnas Guinea U-23 ini bakal digelar di Institut national du football de Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB. Di laga inilah, nasib Timnas Indonesia U-23 untuk bisa mentas di Olimpiade Paris 2024 akan ditentukan.

Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong (STY) gagal memanfaatkan dua kesempatan melalui Piala Asia U-23 2024. Pertama, Marselino Ferdinan dkk kalah 0-2 dari Uzbekistan pada semifinal, dan kedua kalah 1-2 kontra Irak dalam perebutan peringkat ketiga.

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 harus melalui kesempatan terakhir lewat jalur playoff kontra Guinea yang merupakan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023.

Bagaimana perkiraan formasi yang bakal diusung STY dalam laga kontra Guinea besok?

Foto: AFC
Foto: AFC


Prediksi Line Up Timnas Indonesia U-23 vs Guinea

Pada laga nanti, pelatih STY kemungkinan besar tak akan mengubah formasi. Dia sepertinya akan tetap memainkan pola 3-4-3 yang bisa bertransformasi menjadi 5-4-1 saat bertahan.

Di bawah mistar, kiper Ernando Ari tak tergantikan. Meski melakukan blunder saat meladeni Irak, penjaga gawang Persebaya Surabaya ini masih yang terbaik.

Di belakang, Rizky Ridho dipastikan absen karena kartu merah yang diterimanya kontra Uzbekistan. Dia sudah menjalani sanksi satu laga kontra Irak, dan masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Yang bikin pusing STY, Justin Hubner juga sudah kembali ke klubnya, Cerezo Osaka. Segala upaya telah dikerahkan PSSI dan Kemenpora untuk membawa bek keturunan itu kembali bergabung skuad. Namun, hingga berita ini dipublikasikan, belum ada kejelasan sang defender bakal datang.

Defender Timnas Indonesia, Justin Hubner terancam absen vs Guinea. (Foto: PSSI)
Defender Timnas Indonesia, Justin Hubner terancam absen vs Guinea. (Foto: PSSI)

Elkan Baggott juga belum ada kabarnya apakah bakal bergabung. PSSI sudah mengirim surat kepada Ipswich Town, namun hingga kini juga belum ada kejelasannya.

Untungnya, STY dapat suntikan satu bek baru, yakni Alfeandra Dewangga. Defender PSIS Semarang ini bukan sosok baru buat sang pelatih. Dia pernah memainkan peran bagus bersama Timnas Indonesia bersama STY pada Piala AFF 2020.

Dewangga bisa langsung mengisi salah satu pos di tiga bek Garuda Muda. Mungkin, STY akan memposisikannya di sebelah kiri. Di kanan, Muhammad Ferrari paling berpotensi mendapat kepercayaan.

Sementara di pos bek tengah, STY bisa jadi menarik Nathan Tjoe-A-On untuk menjadi leader. Dia bisa memainkan posisi yang ditinggalkan Rizky Ridho yang dimainkan dengan baik oleh Justin Hubner saat melawan Irak.

Ketiga bek tersebut bakal ditunjang dua bek sayap, Pratama Arhan di kiri dan Muhammad Fajar Fathur di kanan.

Sebagai gelandang tengah, posisi Nathan yang mundur ke belakang membuat STY berpotensi kembali memainkan Marselino Ferdinan di posisi tersebut untuk menemani Ivar Jenner. Keduanya akan bertugas sebagai pengendali permainan Garuda Muda.

Dengan digesernya Marselino ke tengah otomatis mengubah komposisi trisula lini depan. Dengan begitu, posisi kiri bakal beralih kepada Kelly Sroyer. Kecepatan yang akselerasinya diharapkan bisa menghadirkan efek kejut untuk pertahanan lawan.

Di sayap kanan, seperti biasa, Witan Sulaeman akan memainkan perannya sebagai sosok counter attack Indonesia. Dia juga diharapkan bisa menjadi pelayan ideal untuk Rafael Struick yang akan kembali ditunjuk di posisi nomor 9.

Komposisi ini diharapkan bisa menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Guinea untuk bisa lolos ke Olimpiade untuk pertama kali sejak 1956.

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3)
Ernando Ari; Muhammad Ferrari, Nathan Tjoe-A-On, Alfreanda Dewangga; Fajar Fathur, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Kelly Sroyer\
Pelatih: Shin Tae-yong

Topik Menarik