Profil dan Biodata Sivakorn Pu-Udom, Wasit Kontroversial Asal Thailand di Piala Asia U-23 2024

Profil dan Biodata Sivakorn Pu-Udom, Wasit Kontroversial Asal Thailand di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Sivakorn Pu-Udom menarik perhatian para pencinta sepak bola Tanah Air.

Sebab, wasit asal Thailand itu kerap memberikan keputusan kontroversial saat memimpin laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. 

Sivakorn Pu-Udom sempat menjadi asisten wasit VAR di laga perebutan juara ketiga, Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23. Laga yang dihelat di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (2/5/2024) harus berakhir dengan kemenangan skuad Singa Mesopotamia Muda, 2-1. 

Banyak publik sepak bola Tanah Air yang mempertanyakan mengapa wasit utama, Majed Mohammed Al-Shamrani mengesahkan gol penyama kedudukan Irak U-23 yang dicetak oleh Zaid Tahseen pada menit ke-27. 

Dalam proses gol tersebut, kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari sempat diganggu oleh pemain lawan. Selain itu, posisi Zaid Hantoosh dianggap offside karena membelakangi kiper Persebaya Surabaya tersebut. 

Namun, mengacu kepada Law of the Game IFAB, gol yang dicetak oleh Zaid Tahseen dianggap sah dan tidak dalam posisi offside.

Wasit utama, wasit VAR, dan asisten wasit VAR, Sivakorn Pu-Udom pun dianggap tepat dalam mengambil keputusan. 

Terlepas dari semua itu, publik penasaran dengan profil dan biodata Sivakorn Pu-Udom. Berikut iNews.id akan berikan informasinya, Jumat (3/4/2024). 

Profil dan Biodata Sivakorn Pu-Udom

Menurut situs transfermarkt, Sivakorn Pu-Udom lahir di Samut Sakhon, Thailand, pada 26 November 1987. Wasit yang kini genap berusia 36 tahun ini telah dipercaya sebagai wasit FIFA sejak 2013. 

Meski dari Thailand, Sivakorn Pu-Udom justru pertama kali debut sebagai wasit di laga Liga Super China musim 2012/2013 yang mempertemukan Tianjin Jinmen Tiger vs Zhejiang FC (2-2). 

Sivakorn Pu-Udom memang dikenal sebagai pengadil lapangan yang ringan tangan dalam mengeluarkan kartu kuning dan merah. Masih di musim 2012/2023 wasit asal Negara Gajah Putih itu sempat memberikan 7 kartu kuning dan 1 kartu merah di laga Liga Thailand, Chainat FC dan Police Tero FC. 

Sivakorn Pu-Udom tercatat lebih sering memimpin laga di beberapa kompetisi sepak bola di wilayah Asia. Di antaranya Piala AFF berbagai kelompok umur, Liga Vietnam, Liga Thailand, hingga Piala Asia. 

Sivakorn Pu-Udom pertama kali dipercaya menjadi wasit di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia antara Timor Leste vs Mongolia. Lalu, di laga Laos vs Kuwait (0-2), dan Lebanon vs Laos (7-0). 

Terakhir kali Sivakorn Pu-Udom memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mempertemukan Turkemnistan vs Iran. Di laga yang dimenangkan oleh Iran 0-1 itu wasit setidaknya mengeluarkan 5 kartu kuning. 

Selain menjadi wasit utama, Sivakorn Pu-Udom juga sempat ditunjuk sebagai wasit VAR. Dirinya sempat terlibat di beberapa kompetisi, seperti Piala Asia, Piala Thailand, Liga Champions Asia, dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Sivakorn Pu-Udom dinilai sebagai wasit yang kerap dianggap merugikan bagi Timnas Indonesia. Tercatat skuad Garuda Muda tidak pernah menang saat pengadil lapangan Thailand itu menjadi wasit utama. 

Sivakorn Pu-Udom memberikan dua kartu merah kepada Indonesia untuk Ramadhan Sananta dan Ivar Jenner di laga permbuka Grup A Piala Asia U-23 2024 kontra tuan rumah Qatar. 

Selain itu, Sivakorn Pu-Udom dianggap tidak jeli dalam mengambil keputusan saat Witan Sulaeman dilanggar keras oleh salah satu pemain Qatar. Pemain lawan pun hanya diganjar dengan kartu kuning. 

Itulah ulasan mengenai profil dan biodata Sivakorn Pu-Udom. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik