Manajer Yamaha Ungkap Fabio Quartararo Bagian Penting dari Proyek MotoGP Yamaha

Manajer Yamaha Ungkap Fabio Quartararo Bagian Penting dari Proyek MotoGP Yamaha

Olahraga | inews | Rabu, 10 April 2024 - 20:20
share

LISMO, iNews.id- Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, mengungkapkan alasan memperpanjang kontrak Fabio Quartararo di tim Monster Energy Yamaha. Dia menyebut Quartararo merupakan bagian penting dari proyek Yamaha di MotoGP.

Pada Jumat (5/4/2024), Yamaha akhirnya memperjelas masa depan Quartararo di tengah rumor liar yang beredar terkait masa depannya. Mereka memperpanjang kontrak pembalap asal Prancis itu di tim pabrikan mereka selama dua tahun ke depan hingga MotoGP 2026 mendatang.

Keputusan itu bisa dibilang cukup mengejutkan karena El Diablo -julukan Quartararo- terus menyuarakan hal-hal negatif terkait performa motornya. Meski sudah ada sedikit peningkatan di MotoGP 2024, dia sadar bahwa levelnya masih jauh dari saat dirinya menjadi juara MotoGP 2021 lalu dan bersaing dalam perebutan gelar juara pada musim 2022.

Di sisi lain, pihak Yamaha berulang kali mengungkapkan bahwa mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat motor M1 mereka menjadi kompetitif lagi di papan atas. Namun, tim pabrikan Iwata sadar jalan yang harus ditempuh untuk mencapai level tersebut masih panjang.

Jarvis pun mengungkapkan bahwa keberadaan Quartararo sangat penting dalam proyek Yamaha di MotoGP sehingga kontrak baru ditawarkan padanya. Kata dia, pembalap berusia 24 tahun itu merupakan rider yang sangat berbakat, pekerja keras, bisa bekerjasama bersama timnya dengan baik dan masih punya masa depan yang panjang di MotoGP.

Mempertahankan Fabio sebagai bagian dari tim pabrikan adalah bagian penting dari proyek MotoGP Yamaha. Fabio adalah talenta luar biasa, pekerja keras, pemain tim yang hebat dan dia masih memiliki banyak tahun kompetitif di depannya, kata Jarvis dikutip dari Speedweek, Selasa (9/4/2024).

Yamaha Motor Company, Yamaha Motor Racing, dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP berupaya sekuat tenaga untuk memastikan Fabio memiliki masa depan cerah dengan mengambil pendekatan yang lebih agresif dalam pengembangan sepeda motor, tambahnya.

Quartararo sendiri menyebut bahwa pembuktian Yamaha bahwa mereka telah memiliki pendekatan dan mentalitas yang lebih agresif dari segi pengembangan membuatnya yakin untuk bertahan. Jarvis pun membeberkan apa saja usaha yang telah dilakukan oleh tim pabrikan asal Jepang itu untuk mempertegas komitmen mereka dengan sang pembalap andalan.

Kami telah melakukan perubahan signifikan pada organisasi kami, termasuk sistem manajemen internal yang baru, perekrutan pakar industri terkemuka, kemitraan teknis eksternal baru, peningkatan anggaran pengembangan, dan program pengujian yang intensif. Semua perubahan ini dimaksudkan untuk mempercepat proses kembalinya kita ke jalur kemenangan, jelas pria berpaspor Amerika Serikat itu.

Fabio memahami komitmen ini dan itu memberinya kepercayaan diri untuk mengambil keputusan bertahan bersama kami selama beberapa tahun ke depan, tambahnya.

Lebih lanjut, Jarvis tak memungkiri bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh Yamaha agar bisa kembali tampil kompetitif di papan atas seperti saat mereka juara bersama Quartararo pada MotoGP 2021 silam. Dia mengaku beruntung El Diablo mampu memahaminya dan juga punya komitmen kuat sehingga hal itu membuat keharmonisan di dalam timnya menjadi terjaga.

Kami adalah pihak pertama yang mengakui bahwa kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk kembali ke level kompetitif seperti pada tahun 2021 dan paruh pertama tahun 2022. Namun dengan Fabio Anda tahu bahwa dia akan selalu memberikan 100 usaha terbaiknya, ungkap Jarvis.

Hal ini juga merupakan hal yang wajar baginya untuk menciptakan keharmonisan dan suasana yang baik dengan seluruh karyawan. Dia dapat mengandalkan dukungan penuh dari tim dan Yamaha di setiap langkahnya untuk memenangkan lebih banyak kejuaraan bersama-sama, pungkasnya.

Topik Menarik