Jelang Lawan Qatar, Shin Tae-yong Ungkap Masalah Timnas Indonesia U-23 

Jelang Lawan Qatar, Shin Tae-yong Ungkap Masalah Timnas Indonesia U-23 

Olahraga | kutai.inews.id | Rabu, 10 April 2024 - 15:40
share

DUBAI, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia U-23 meraih kemenangan atas Uni Emirat Arab (UEA) pada laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024. Namun, hasil ini ternyata tidak membuat pelatih Shin Tae-yong puas.

Timnas Indonesia menang tipis 1-0 atas UEA dalam laga yang berlangsung di Stadion Shahab Al Ahli, Dubai, Senin (8/4/2024) malam. Gol tunggal dilesakkan Witan Sulaeman.

Kemenangan ini menjadi suntikan moral bagi skuad Garuda Muda setelah sebelumnya takluk 1-3 dari Arab Saudi pada laga uji coba pertama.

Kemenangan ini juga menjadi modal penting menghadapi laga perdana melawan Qatar pada partai pembuka Piala Asia U-23. Namun, rupanya hal itu tidak membuat pelatih Shin Tae-yong puas.

Pelatih asal Korea Selatan itu masih melihat ada beberapa masalah dalam skuadnya terutama soal finishing. Dia menilai, performa anak asuhnya sudah sangat bagus.

Hanya saja, Pratama Arhan dkk dinilai masih kurang fokus dalam penyelesaian akhir. Alhasil, mereka hanya mampu mencetak satu gol ke gawang UEA.

"Pemain kurang fokus untuk cetak gol ya. Kalau fokus lebih ya mungkin harusnya cetak 3-4 gol lebih, tapi itu yang kurang," kata Shin Tae-yong.

Dalam laga tersebut, mantan pelatih timnas Korsel itu menurunkan starting eleven yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2024. Dia sudah menggunakan tenaga Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Ivan Jenner dan pilar lainnya.

Hal tersebut berbeda dibanding ujicoba melawan Arab Saudi di mana Shin Tae-yong menurunkan pemain pelapis. Hal ini tidak lepas dari taktiknya untuk menilai kondisi fisik pemainnya.

"Secara keseluruhannya sangat baik untuk performa. Pemain semuanya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan permainan," katanya.

Dia pun optimistis anak asuhnya akan tampil semakin baik saat melawan Qatar pada 15 April 2024.

Di Piala Asia U-23, Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Turnamen ini juga menjadi tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di event multi olahraga terbesar di dunia tersebut. Sementara peringgkat empat harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea.

Topik Menarik