Menguak Asal-usul Ultras AC Milan yang Merupakan Barisan Ultras Tertua di Italia

Menguak Asal-usul Ultras AC Milan yang Merupakan Barisan Ultras Tertua di Italia

Olahraga | BuddyKu | Senin, 13 Februari 2023 - 15:23
share

MENGUAK asal-usul ultras AC Milan yang merupakan barisan ultras tertua di Italia. Bagi pencinta sepakbola, istilah ultras sudah taka sing lagi.

Secara umum, ultras dapat diartikan sebagai sekelompok pendukung fanatik dari suatu klub. Saat ini hampir setiap klub sepakbola memiliki ultrasnya masing-masing. Sementara klub asal Italia, AC Milan menjadi klub yang mengawali istilah ultras ini muncul.

Ultras AC Milan

Lantas, bagaimana asal usul ultras AC Milan? Berikut penjelasannya:

Asal-usul ultras AC Milan

AC Milan dikenal memiliki barisan ultras tertua di Italia. Ultras AC Milan pertama kali muncul pada 1968, yang diberi nama Fossa dei Leoni (FDL).

Layaknya sebuah ultras, mereka memiliki tujuan untuk memeriahkan dan mendukung klub di suatu pertandingan. Mereka melakukan koreografi, menyanyikan yel-yel, menyalakan flare, hingga menyiapkan segala atribut demi kebanggaan tim tercinta.

Ultras di Italia punya tradisinya sendiri. Mereka melakukan pertempuran dengan ultras lainnya dan mengambil bendera kelompok ultras yang kalah sebagai bukti kemenangan.

Namun, tradisi yang dibuat malah diingkari oleh FDL. Seorang pendukung garis keras AC Milan malah melambaikan bendera Viking Juve (ultras Juventus) sebelum pertandingan usai.

Ultras AC Milan

Dalam aturan, setiap ultras di Italia bisa mendapatkan bendera ultras lainnya dengan pertempuran terbuka. Bendera ultras Juventus itu didapatkan oleh seorang ultras AC Milan melalui mencuri.

Ultras Juventus tidak terima. Kemudian mereka mencegat dan mencuri bendera FDL, sebelum mereka menonton pertandingan AC Milan vs PSV di Liga Champions.

Masalah kian panas, karena FDL melaporkan hal tersebut ke polisi. FDL dianggap sudah dua kali melanggar aturan ultras di Italia.

Sehingga FDL menyatakan mundur dan membentuk kelompok baru yang bernama Guerrieri Ultras. Begitulah asal usul ultras AC Milan yang merupakan barisan ultras tertua di Italia. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik