Kisah Rafael Struick, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Miliki Keturunan asal Semarang dari sang Nenek

Kisah Rafael Struick, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Miliki Keturunan asal Semarang dari sang Nenek

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 18 Januari 2023 - 12:05
share

KISAH Rafael Struick , calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang miliki keturunan asal Seamrang dari sang nenek menarik untuk dibahas. Seperti yang diketahui, PSSI saat ini sedang gencar mencari pemain muda keturunan Indonesia yang bermain di Eropa.

Hal itu tak terlepas dari agenda besar yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-20 di 2023 ini, yakni Piala Dunia U-20 2023. Tak hanya itu, ada juga Piala Asia U-20 2023 yang menanti skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut.

Untuk bisa berbicara banyak di dua kompetisi besar itu, Shin Tae-yong selaku pelatih pun meminta adanya pemain naturalisasi. Nama Struick lantas menjadi salah satu daftar pemain yang akan segera dinaturalisasi.

Rafael Struick berjumpa Mochamad Iriawan di kantor PSSI

Struick sendiri diketahu memiliki darah Indonesia yang berasal dari neneknya. Lantas bagaimana kisah lengkapnya?

Begini Kisah Rafael Struick, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Miliki Keturunan asal Semarang dari sang Nenek

Struick saat ini berusia 19 tahun dan tinggal di Belanda. Ia pun berstatus sebagai pemain dari klub Belanda, Ado Den Hag, yang kini bermain di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

Struick sendiri memiliki darah Indonesia yang berasal dari neneknya, yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Sang nenek diketahui pindah ke Belanda dan menikahi warga lokal, yang pada akhirnya lahirlah ayah dari Struick.

Dewasa, ayah Struick menikahi sesama warga Belanda. Baru pada 27 Maret 2003, Rafael Struick pun lahir.

Rafael Struick

Struick lantas memulai karier dengan menimba ilmu di Forum Sport, lalu pada 2020 ia bergabung dengan akademi RKAVV Leidscgendam. Baru pada Juli 2020, Struick bergabung dengan Akademi Ado Den Hag dan kini sudah bersama tim senior sejak musim panas 2022 silam.

Karena penampilannya yang menjanjikan sebagai winger kiri, Struick lantas masuk radar PSSI dan Shin Tae-yong. Struick lantas mendapatkan undangan dari PSSI untuk membela Timnas Indonesia U-20.

Sejauh ini, respons Struick untuk membela Timnas Indonesia U-20 amat besar. Ia bahkan sudah menjalani proses naturalisasi untuk menyusul Ivar Jenner dan Justin Hubner yang lebih dulu melakukan proses tersebut.

Struick juga ikut Timnas Indonesia U-20 saat melakukan TC di Eropa beberapa waktu yang lalu.

Topik Menarik