5 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Dicoret Jelang Piala AFF 2022, Nomor 1 Mandul di Liga 1 2022-2023

5 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Dicoret Jelang Piala AFF 2022, Nomor 1 Mandul di Liga 1 2022-2023

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 13 Desember 2022 - 17:41
share

SEBANYAK 5 pemain Timnas Indonesia yang terancam dicoret jelang Piala AFF 2022 akan diulas Okezone. Saat ini, sebanyak 26 pemain menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. Seharusnya, ada 28 nama yang ikut serta, namun Elkan Baggott tak bisa hadir karena sang klub, Gillingham FC, masih disibukkan dengan kompetisi.

Sementara itu, Sandy Walsh kembali merapat ke sang klub, KV Mechelen, dan diperkirakan baru bergabung ke skuad Timnas Indonesia di laga kedua Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam. Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengonfirmasi akan ada lima pemain yang dicoret sebelum skuad Garuda tampil di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia

"Akan diumumkan (daftar pemain yang dibawa ke Piala AFF 2022) saat kita geser ke Jakarta. Jadi ke Jakarta hanya 23 pemain yang masuk skuad Piala AFF 2022," kata Nova Arianto kepada MNC Portal Indonesia.

Lantas, siapa-siapa saja nama yang bakal dicoret? Okezone coba menganalisisnya. Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang terancam dicoret jelang Piala AFF 2022:

5. Muhammad Riyandi (Persis Solo)

Muhammad Riyandi

Merujuk saat tampil di SEA Games 2021, Shin Tae-yong hanya menyertakan dua penjaga gawang. Karena itu, Shin Tae-yong berpotensi mencoret salah satu dari tiga penjaga gawang yang mengikuti pemusatan latihan, yakni Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata, dan Syahrul Trisna.

Melihat kebiasaan Shin Tae-yong sejauh ini, Nadeo dan Syahrul Trisna condong dipilih. Karena itu, Muhammad Riyandi berpotensi dicoret dan gagal membela skuad Garuda di Piala AFF 2022.

4. Andy Setyo (Persikabo 1973)

Andy Setyo

Andy Setyo harus bersaing dengan nama-nama beken, seperti Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Fachruddin Aryanto di jantung pertahanan Timnas Indonesia. Belum lagi, ada dua bek Persija Jakarta yang sedang hebat-hebatnya, Hansamu Yama dan Muhammad Ferrari.

Posisi Andy Setyo semakin terjepit mengingat jika Timnas Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022, Elkan Baggott bisa bergabung. Karena itu, Andy Setyo berpotensi terpental dari skuad sementara Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Dzaky Asraf (PSM Makassar)

Dzaky Asraf

Dzaky Asraf biasa mentas di posisi fullback kanan atau kiri. Namun, pesaing Dzaky Asraf adalah dua pesepakbola top, yakni Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh.

Karena itu, sulit bagi Dzaky Asraf bakal dibawa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ke Piala AFF 2022. Jika pun dibawa, Dzaky Asraf kemungkinan harus rela duduk di bangku cadangan.

2. Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC)

Edo Febriansyah

Edo Febriansyah sedang ganas-ganasnya bersama sang klub, RANS Nusantara FC. Meski berposisi sebagai fullback kiri, Edo Febriansyah sanggup mengemas dua gol dan dua assist dari 11 pertandingan.

Hanya saja, catatan itu belum cukup membuatnya dibawa ke Piala AFF 2022. Sebab, ia harus bersaing dengan Pratama Arhan dan Yakob Sayuri di sektor kiri Timnas Indonesia.

1. Muhammad Rafli (Arema FC)

Muhammad Rafli

Sebuah keanehan jika Muhammad Rafli dibawa ke Piala AFF 2022. Sebab, penyerang Arema FC ini belum mencetak satu gol pun di Liga 1 2022-2023.

Hal itu berbeda dengan penyerang-penyerang lain di Timnas Indonesia seperti Ilija Spasojevic yang sudah mengemas tujuh gol, Dendy Sulistyawan (2) dan Ramadhan Sananta (3). Sekarang, menarik menanti siapa-siapa saja pemain yang didaftarkan Shin Tae-yong.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kamboja. Masing-masing tim akan melakoni dua laga kandang dan tandang di fase grup.

Tim yang finis di posisi satu dan dua, berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Piala AFF 2022 dengan menjamu Kamboja pada Jumat, 23 Desember 2022.

Topik Menarik